Baru 11 Persen Partisipasi Anak Papua Mengenyam Pendidikan Perguruan Tinggi

Radar Sumut, TEMINABUAN — Organisasi Pelayanan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (LL wilayah Dikti.

Ketua Organisasi Pelayanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LL Dikti).

“Ini gambaran anak-anak Papua yang belum melanjutkan ke perguruan tinggi, angka partisipasi pendidikan tinggi secara nasional mencapai 35 persen, sedangkan Papua berada di angka 11 persen,” kata Mofu.

Ia mengatakan, pemerintah daerah (Pemkab) baik provinsi maupun kabupaten/kota harus bersinergi untuk meningkatkan tingkat partisipasi anak Papua di perguruan tinggi. “Kami berharap angka pengarsipan bisa meningkat dari 11 persen menjadi 30 persen, sehingga perlu dukungan pemerintah,” kata Mofu.

Ia juga memberikan penghormatan kepada Universitas Wersar (Unsar), salah satu perguruan tinggi swasta yang terletak di Kabupaten Sorsel. “Unsar harus terus maju dengan fokus pada kualitas sumber daya manusia (SDM) guru agar kampusnya mampu bersaing dengan perguruan tinggi swasta atau negeri di Papua,” kata Mofu.

Ia pun berbincang sewajarnya dengan Julian Kondologit yang menjabat Rektor Unsar periode 2024-2028. “Saya bangga melihat kemajuan Kampus Unsar. Saya berharap rektor baru dapat memperkaya program studi lain yang akan dievaluasi oleh LL Dikti sehingga pengembangan sumber daya manusia dapat terus berlanjut,” kata Mofu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *