FKIP UMM Jalin Kerja Sama dengan Yala Rajabaht University Thailand

Radar Sumut, MALANG – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang menjalin kerja sama dengan Universitas Yala Rajabaht (YRU), Thailand dalam mobilitas mahasiswa, kuliah tamu, publikasi bersama, dan seminar internasional. Kesepakatan kerja sama tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman dan Nota Kesepahaman.

Muhamads Salis Juniardi, Wakil Rektor Kerja Sama IV UMM, mendukung penuh berbagai upaya fakultas dalam mengembangkan kerja sama internasional. Ia mengingatkan, MoU ini merupakan awal dan harus dilanjutkan dengan berbagai program khusus.

Misalnya saja menurutnya pertukaran pelajar, publikasi bersama, kuliah tamu, dan lain sebagainya. Menurutnya kerjasama ini bisa diperluas ke fakultas lain, karena dalam kunjungan ke UMM, YRU antara lain Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

“Kegiatan ini penting untuk meningkatkan key performance indikator (KPI), baik KPI 2 yaitu siswa yang melakukan kegiatan di luar kampus, maupun KPI 3 yaitu guru yang melakukan kegiatan di luar kampus,” tulis Salis. Kamis (25/04/2024) .

Rektor YRU Prof. Sirichai menyetujui dan menyambut baik hal tersebut serta meminta masing-masing dekan YRU untuk meneruskan ide tersebut. Ia berharap kerja sama tersebut dapat menghasilkan program yang bermanfaat di masa depan.

“Kami berharap ini menjadi awal yang baik untuk menciptakan program-program yang menarik dan bermanfaat di masa depan,” ujarnya.

Mewakili FKIP UMM, Dekan Sugiarti menyambut baik kunjungan Rektor dan Dekan YRU Thailand. Menurutnya, hal ini merupakan bagian dari upaya memperluas dan memperkuat suasana internasional yang telah dirintis FKIP UMM sejak lama.

Menurutnya, ada beberapa potensi aplikasi yang bisa dikembangkan oleh kedua belah pihak. Baik dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, maupun Al-Islam.

“Modalitas prodi FKIP UMM yang semuanya menganut jurnal dapat menjadi titik balik kerjasama ini,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *