NASA Tangkap Gambar ‘Papan Selancar’ Misterius yang Mengorbit Bulan 

iaminkuwait.com, JAKARTA – Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) milik NASA menangkap gambar benda berbentuk papan selancar yang melesat melewati Bulan. Pertemuan dekat itu bukanlah UFO atau megastruktur alien.

Sementara itu, LRO NASA melihat pengorbit bulan Korea Selatan bernama Danuri pada Kamis (11/4/2024), Live Science melaporkan. Pejabat NASA mengatakan Danuri terbang saat kedua pesawat ruang angkasa itu mengorbit bulan.

Dengan dua pesawat ruang angkasa tersebut “berjalan dalam orbit yang hampir paralel”, tim LRO di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Maryland mengambil kesempatan untuk memotret peristiwa tersebut, yang berlangsung antara tanggal 5 dan 6 Maret.

Kamera LRO memiliki waktu pemaparan yang sangat singkat, sekitar 0,338 milidetik, sehingga peristiwa ini sulit untuk ditangkap. Namun ia tetap berhasil mendapatkan gambar Danura, pesawat luar angkasa Korea pertama yang mengorbit bulan, yang dilakukannya pada Desember 2022.

Namun karena perbedaan kecepatan antara kedua pesawat luar angkasa tersebut (kira-kira 11.500 km per jam), gambar yang dihasilkan membuat Danuri “tercoreng 10 kali lipat ukurannya”. Efek peregangan ini membuatnya tampak seperti papan selancar datar.

Faktanya, Danuri sama sekali tidak terlihat seperti papan selancar. Itu adalah pesawat luar angkasa berbentuk kotak dengan dua panel surya terpasang di setiap sisinya.

Paul Byrne, profesor ilmu planet di Universitas Washington di St. Petersburg. Louis, Amerika Serikat (AS), membagikan beberapa gambar di X (sebelumnya Twitter).

“Untuk lebih jelasnya, Danuri Orbiter bukanlah piksel ultra-tipis yang aneh. “Ini adalah pengorbit yang cukup biasa,” tulis Byrne. “Tapi kecepatannya yang luar biasa membuat benda itu tersapu oleh detektor kamera LRO.”

Menurut NDTV, sebuah kantor berita India, tidak butuh waktu lama bagi orang-orang untuk berkomentar tentang bagaimana pengorbit tersebut terlihat familier dengan Silver Surfer, sebuah humanoid fiksi dari Marvel Universe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *