Tips Jaga Asupan Makanan Sehat untuk Anak Berusia Satu Tahun

iaminkuwait.com, JAKARTA – Dokter spesialis anak-konsultan gastrohepatologi Universitas Indonesia, Frieda Handayani, Sp.A(K), Subsp GH berbagi tips menjaga pola makan sehat anak usia satu tahun hingga pencernaan lancar dan mencegah berbagai risiko penyakit.

“Khusus bayi usia 1 tahun, makanan yang tidak boleh dikonsumsi dalam bentuk makanan olahan, seperti makanan yang telah diasap, dikemas dengan campuran natrium yang tinggi,” kata Frieda saat ditemui dalam talkshow di Kota Casablanca, Selatan. Jakarta. , Jumat.

Katanya, yang kedua, gorengan, makanan yang digoreng atau direndam minyak terlalu banyak. Selain itu, orang tua juga disarankan untuk tidak memberikan makanan yang mengandung lemak jenuh, tinggi gula, dan garam kepada anak usia satu tahun, apalagi jika diberikan secara terus menerus.

Hal ini dilakukan agar anak terhindar dari peradangan di sekitar saluran pencernaan. Jika anak berusia satu tahun mengalami peradangan karena mengonsumsi makanan yang salah, hal ini dapat menyebabkan malabsorpsi atau serangkaian gejala yang disebabkan oleh kekurangan satu atau lebih nutrisi di usus.

Malabsorpsi dapat menyebabkan seseorang mengalami kekurangan nutrisi atau malnutrisi. Bila terjadi pada anak, kekurangan nutrisi akibat sindrom malabsorpsi dapat mempengaruhi tumbuh kembang.

Oleh karena itu Frieda menyarankan agar orang tua dapat memenuhi kebutuhan gizi sehat anak, khususnya anak usia satu tahun, dengan makanan yang tinggi nutrisi dan gizi.

Jangan lupa untuk memperbanyak variasi buah-buahan, sayur-sayuran, daging merah dan protein lainnya (baik nabati maupun hewani) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

“Banyak makanan yang membantu pencernaan lebih baik, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, tidak perlu terlalu banyak memberikan makanan manis,” kata Frieda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *