Permintaan Global Menguat, Aktivitas Pabrik di Asia Meningkat

iaminkuwait.com, TOKYO — Survei swasta menunjukkan aktivitas pabrik di Asia meningkat pada bulan Mei karena produsen mendapat manfaat dari peningkatan permintaan global. Hal ini menambah harapan akan berlanjutnya pemulihan ekonomi di kawasan di mana Tiongkok menunjukkan tanda-tanda awal pemulihan.

Aktivitas manufaktur meningkat di Jepang untuk pertama kalinya dalam satu tahun dan di Korea Selatan dengan laju tercepat dalam dua tahun. Hal ini sebagian disebabkan oleh perbaikan di sektor otomotif dan semikonduktor, menurut survei tersebut.

Survei Caixin swasta Tiongkok juga menunjukkan aktivitas pabrik meningkat pada laju tercepat dalam dua tahun pada bulan Mei karena kuatnya produksi dan pesanan baru, sehingga memberikan harapan bagi pemulihan secara luas di Asia dan seluruh dunia.

Angka-angka yang kuat ini mencerminkan pemulihan sektor manufaktur yang menopang pertumbuhan Asia dan memitigasi dampak volatilitas pasar yang disebabkan oleh ketidakpastian kebijakan moneter AS. Namun, beberapa analis berhati-hati terhadap prospek tersebut.

“Peningkatan aktivitas pabrik mungkin didorong oleh ekspektasi bahwa produksi Tiongkok akan meningkat di masa depan. Namun masalahnya adalah permintaan domestik tidak banyak membaik,” kata Toru Nishihama, kepala ekonom pasar berkembang di Dai Research Institute Jepang.

“Masih terlalu dini untuk menilai apakah perbaikan ini akan berkelanjutan, mengingat ketidakpastian mengenai kekuatan pasar utama seperti Tiongkok dan Amerika Serikat,” katanya.

Indeks manajer pembelian manufaktur (PMI) final Au Jibun Bank Jepang naik menjadi 50,4 pada bulan Mei dari 49,6 pada bulan April, terakhir kali melampaui ambang batas 50,0 yang memisahkan pertumbuhan dan kontraksi aktivitas, pada Mei 2023.

PMI Korea Selatan juga naik…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *