Aktor John Cusack Apresiasi Keberhasilan Demo Pro Palestina Mahasiswa UC Riverside

iaminkuwait.com, JAKARTA – Demonstrasi mahasiswa berhasil memaksa Columbia University (UC) Riverside mundur dari Israel. Keberhasilan mahasiswa dalam demonstrasi pro-Palestina dipuji oleh aktor John Cusack.

“Seharusnya begini,” tulis bintang film Serendipity itu di akun X pribadinya, seperti dilansir Senin (5/6/2024).

Sejak 29 April, mahasiswa UC Riverside melancarkan demonstrasi pro-Palestina dengan berkemah dan duduk-duduk di kampus. Dengan demonstrasi ini, mahasiswa meminta universitas untuk mengungkapkan semua investasi dan pendanaan universitas yang terkait dengan Israel.

Para mahasiswa juga menuntut agar universitas tersebut menarik diri dari perusahaan dan institusi yang dicurigai terlibat atau mendukung pendudukan Israel, apartheid, dan genosida terhadap Palestina.

Pada tanggal 3 Mei, administrator UC Riverside dan mahasiswa pro-Palestina akhirnya mencapai kesepakatan. Dalam kesepakatan tersebut, para mahasiswa sepakat untuk mengakhiri perkemahannya pada Jumat (3/5/2024). Di sisi lain, pengurus UC Riverside setuju untuk menghormati keinginan para mahasiswa.

Dalam keterangan resminya, UC Riverside menegaskan akan transparan dalam berinvestasi. Kampus juga akan mempertimbangkan untuk menghapus dana abadi dari sistem yang lebih luas di dalam UC Investment Office.

“Mereka akan menginvestasikan kembali dana untuk universitas dengan cara yang sehat secara finansial dan etis, dengan mempertimbangkan perusahaan yang terlibat dalam produksi dan distribusi senjata tersebut,” UC Riverside mengumumkan, Huffington Post melaporkan Senin (6/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *