Hindari Pakai Baju Berkali-kali tanpa Dicuci, Dokter Ungkap Bahayanya

iaminkuwait.com, Jakarta – Beberapa orang kerap memakai pakaian yang sama berkali-kali tanpa mencucinya secara rutin. Meski terlihat sepele, namun bisa berdampak serius bagi kesehatan kulit.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr Dia Febriani menjelaskan, pakaian yang tidak dicuci secara teratur menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Sebaliknya, bagi orang dengan kulit sensitif, memakai pakaian yang tidak bersih dapat menyebabkan dermatitis kontak, yaitu peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam dan kemerahan pada kulit.

“Pakaian kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan permasalahan kulit. Mengapa ini bisa terjadi? “Karena pakaian selalu menempel pada kulit kita, jadi tentu saja pakaian kotor membuat kulit kita terkena bakteri,” kata Dr. Dia dalam konferensi pers peluncuran Mesin Cuci Toshiba Lifestyle di Jakarta. Diya Jumat (13/9/2024).

Dokter juga menegaskan, pakaian yang belum dicuci bisa menimbulkan risiko penyakit. Ia menjelaskan, proses pencucian yang tidak tepat dan tidak bersih dapat meninggalkan sisa deterjen dan kotoran yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

“Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap beberapa pasien dermatitis yang datang ke saya, ternyata pakaiannya sendiri yang menjadi pemicunya. Pencucian mungkin kurang bersih dan masih ada sisa deterjen pada pakaian. “Bagi orang yang kulitnya sensitif, residunya bisa menimbulkan ruam dan masalah kulit,” kata dokter.

Sebagai tindakan pencegahan, dokter menyarankan untuk lebih berhati-hati saat mencuci pakaian. Jika terdapat noda pada pakaian atau mengeluarkan bau yang tidak sedap, itu tandanya pakaian tersebut kurang bersih.

“Khususnya pakaian olah raga, sering kali setelah dicuci berbau tidak sedap, itu tandanya kurang bersih. “Jadi penting untuk menggunakan alat-alat yang mendukung pencucian,” kata dr Dia.

Selain pakaian bersih, dr Dia mengatakan kesehatan kulit perlu didukung dengan menjaga pola hidup sehat. Rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat bergizi dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

“Kulit yang sehat mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit sangat penting, kata dokter.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *