Teliti Keterampilan Bahasa Inggris Mahasiswa, Dosen FAI UMJ Raih Gelar Doktor Lingustik

iaminkuwait.com, JAKARTA — Anis Setiyanti, dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ), menerima gelar doktor bidang linguistik terapan dari program pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ). , Kamis (13). /6/2024).

Ia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Menggunakan Metode Resitasi Melalui Mobile Assisted Language Learning (MALL)”, pada Sidang Promosi PhD di Lantai 5 Gedung Bung Hatta Program Pascasarjana UNJ.

Ketua Departemen Alumni dan Tracer Studies Career Center UMJ melakukan survei terhadap 24 mahasiswa semester IV tahun ajaran 2019/2020. Program Studi Studi Agama Islam FAI UMJ. Siswa tersebut diteliti menggunakan aplikasi Dualingo, Talk dan Hello secara bertahap mulai dari pra siklus, siklus satu, siklus dua, hingga siklus tiga.

Temuannya menunjukkan bahwa para siswa ini mengalami peningkatan dalam keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka dengan menggunakan metode resitasi melalui MALL, dalam kaitannya dengan pengucapan, kosa kata, tata bahasa, kelancaran dan pemahaman.

Hasil nilai persentase rata-rata yang diketahui pada tahap pra siklus awalnya hanya sebesar 44,2 persen. Kemudian siklus I sebesar 55,6 persen, dan siklus II meningkat menjadi 68,8 persen. Terakhir pada siklus III mencapai 81 persen.

Anis mengungkapkan rasa syukurnya setelah berhasil meraih gelar doktor melalui proses yang penuh perjuangan. Ia berharap disertasinya dapat diapresiasi dan dibaca oleh para akademisi.

“Alhamdulillah saya mendapatkan gelar yang sangat memuaskan dari pihak panitia ujian. Semoga ilmu ini bermanfaat bagi saya pribadi dan dunia pendidikan, khususnya bagi UMJ sebagai tempat saya bernaung kali ini,” ujarnya. . .

Wakil Rektor IV UMJ dr. Septa Candra, SH., MH., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas gelar Ph.D. Menurutnya, perjuangan dan kerja keras merupakan bagian dari upaya untuk mendapatkan gelar doktor yang kompeten dan layak.

“Tentunya dengan bertambahnya jumlah doktor di UMJ khususnya di FAI, kita berharap akan tercipta semangat dan tenaga baru untuk terus meningkatkan mutu dan keunggulan UMJ karena saat ini alhamdulillah UMJ telah mendapatkan akreditasi terbaik,” kata Septa.

Sesuai dengan bulan September, Dekan FAI UMJ dr. Sopa, M.Sc. menyampaikan, Anis merupakan gelar doktor kedua yang diraih FAI dalam kurun waktu sepekan, setelah Adlan Fauzi Lubis, Selasa (6/11/2024) di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah.

“Hari ini Anis menerima gelar doktor bidang linguistik terapan dalam pengajaran bahasa Inggris. Harapannya dengan bertambahnya doktor di UMJ, kita mampu meningkatkan mutu dan mutu pengajaran di FAI sehingga alumni kompeten di bidangnya dan berperan serta dengan baik di masyarakat,” jelas Sopa.

Anis merupakan dokter ke-241 yang dipertahankan UMJ. Sidang promosi doktor ini dilaksanakan secara daring dan luring, serta dihadiri oleh Wakil Rektor III UMJ dr. Rini Fatma Kartika, S.Ag., MH., bersama pengurus dan sivitas akademika FAI UMJ, serta kerabat dan sahabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *