Kurang Bersih Hapus Make Up Mata, Hati-Hati Bisa Sebabkan Penyakit Hordeolum

iaminkuwait.com, JAKARTA — Kurangnya kebersihan saat menghapus make-up atau riasan wajah, terutama pada bagian mata, ternyata bisa menyebabkan penyakit barley light. Hordeolum dikenal sebagai jelai.

“Hordeola merupakan benjolan kecil yang sekilas terlihat seperti jerawat atau lecet di dekat area bulu mata. Penyebabnya biasanya karena infeksi bakteri,” kata dokter mata lulusan Universitas Brawijaya, Dr. Bramantya Surya Pratama Sp.M, MMRS, Selasa (13/5/2024).

Bramantya mengatakan, bakteri yang umum terjadi disebabkan oleh riasan yang tidak terhapus seluruhnya, menggosok mata dengan tangan kotor, dan paparan debu. “Bakteri masuk ke sela-sela bulu mata,” katanya.

Selain mengurangi rasa percaya diri akibat benjolan di mata, perahu tentu bisa mengganggu kenyamanan penderitanya. Umumnya penyakit ini menyebabkan penderitanya merasakan nyeri saat berkedip, dan juga dapat mengganggu penglihatan akibat pembengkakan.

Jelai mungkin merupakan hal yang biasa dan sering dianggap sepele, namun Bramantya mengatakan lampu jelai yang tidak dirawat dengan baik bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Bahkan, benjolan yang muncul bisa membatu. “Yang utama adalah sering-sering membersihkan bulu mata, jangan mengucek mata dan biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh mata,” ujarnya.

Bramantya menyarankan penderita hordeolum untuk memeriksakan kondisinya ke dokter spesialis mata agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Untuk meredakan pembengkakan akibat jelai, Bramantya menyarankan pasien memberikan kompres hangat pada mata menggunakan kapas selama lima menit.

Kompres hangat ini dibuat dengan cara merendam bola kapas dalam air hangat, kemudian diperas, lalu ditempelkan pada kelopak mata dengan mata tertutup, kata Bramantya.

Membersihkan riasan bulu mata agar benar-benar bersih penting untuk menjaga kesehatan mata dan bulu mata. Terkadang riasan bulu mata yang melengkung dan menebal yang disebut maskara sangat sulit dihilangkan.

Saat ini banyak brand kosmetik yang menawarkan produk riasan khusus untuk area mata yang sulit dihilangkan. Penghapus riasan atau makeup remover berbahan dasar minyak cukup efektif untuk menghilangkan riasan tahan air.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *