Jay Idzes Percaya Timnas Indonesia Tetap Tangguh tanpa Jordi Amat Lawan Filipina

iaminkuwait.com, JAKARTA – Bek tengah Indonesia Jay Idzes menilai lini belakang Garuda masih kokoh meski tanpa Jordi Amat. Jordi Amat tidak akan memperkuat timnas Indonesia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina, karena ia mendapat kartu merah pada laga sebelumnya melawan Irak.

Jay mengatakan Jordi merupakan pemain penting bagi Indonesia dengan pengalamannya bermain di liga top dunia. Menurut Jay, Jordi merupakan sosok yang baik di tim. Namun menurutnya, banyak juga pemain bagus di Timnas Indonesia yang bisa mengisi tempat yang ditinggalkan Jordi.

“Dalam hal ini saya juga seorang gelandang, jadi saya juga harus bisa mengambil keputusan terlebih dahulu. Jadi kita lihat saja nanti,” kata Jay, Minggu (9/6/2024).

Jay sudah tiba di Indonesia sebelum pertandingan Irak dan tidak dimainkan sama sekali oleh pelatih Shin Tae-yeon pada pertandingan tersebut. Jelang laga melawan Filipina, pemain klub Venesia itu yakin dirinya sudah beradaptasi dengan perbedaan suhu dan faktor lain di Indonesia yang membuatnya semakin siap untuk laga tersebut.

“Saya pulih dengan baik dan melakukan latihan pemulihan selama beberapa hari. “Saya merasa kondisi saya baik-baik saja,” kata pemain yang membantu Venezia naik ke Serie A musim depan itu.

Dari segi rekor pertandingan, Indonesia unggul jauh dari Filipina. Mengutip catatan Rec.Sport Soccer Statistics Foundation (RSSSF), Indonesia mencatatkan 23 kemenangan, empat kali imbang, dan satu kekalahan melawan Filipina.

Jay mengingatkan, meski unggul jauh dari pengadilan utama, ia dan rekan-rekannya tidak menganggap remeh Filipina sama sekali. Menurutnya, Filipina tampil cukup baik dengan kekalahan 2-3 melawan Vietnam pada Kamis (6/6/2024). Filipina diperkuat sejumlah pemain muda Eropa keturunan Filipina.

“Ya, saya menonton pertandingan mereka melawan Vietnam dan mereka melakukannya dengan baik, mereka mampu menciptakan beberapa peluang. Kami tidak meremehkan mereka,” tegas Jordi.

Indonesia saat ini menduduki peringkat kedua Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Garuda membutuhkan kemenangan melawan peringkat terakhir Filipina untuk mengamankan tiket ke babak ketiga bersama Irak yang sudah memastikan diri sebagai juara grup.

Jika bermain imbang atau kalah, Indonesia harus berharap Vietnam bisa meraih hasil serupa saat berkunjung ke Irak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *