Dipanggil Pelatih Baru Timnas Australia, Pemain Keturunan Indonesia Ini Batal Pensiun

iaminkuwait.com, JAKARTA — Massimo Luongo batal pensiun dari timnas Australia. Namanya dipanggil kembali oleh pelatih baru Tony Popovic untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2026 Australia melawan China dan Jepang.

Luongo meninggalkan Socceroos Desember lalu ketika dia hampir dipilih oleh mantan pelatih Graham Arnold untuk skuad Australia untuk Piala Asia. Pemain asal Indonesia itu mengaku perlu melanjutkan performanya saat timnya Ipswich Town berusaha keras melaju ke Liga Inggris.

Darah Indonesia Luongo berasal dari ibunya Ira. Menurut pengakuan Luongo, kakek dari pihak ibu adalah Sultan Ambela Abu’l-Khair Sirajuddin dari Kesultanan Bima yang berkedudukan di Sumbawa.

Pemain berusia 32 tahun yang telah bermain 45 kali untuk Australia dengan enam gol itu masuk dalam skuad beranggotakan 26 orang pada Jumat (4/10/2024) untuk pertandingan kualifikasi Tiongkok melawan Adelaide pekan depan dan laga tandang melawan Jepang. tanggal 15. Oktober.

Luongo menambah kedalaman lini tengah Australia yang berada di bawah tekanan setelah awal yang buruk di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia dengan satu poin dari dua pertandingan.

“Dia siap dan dia adalah pilihan kami. Saya ingin membawanya ke kamp (latihan) ini,” kata Popovic tentang Luongo, salah satu dari beberapa pemain Australia yang bermain di Liga Inggris, seperti dikutip dari Reuters.

Luongo bergabung dengan rekan setimnya di Ipswich Town dan bek tengah Cameron Burgess dalam skuad yang juga mencakup gelandang Riley McGree, bek Jordan Bos dan mantan striker Apostolos Stamatelopoulos. Ketiganya telah pulih dari cedera mereka.

Australia memulai kualifikasi dengan kekalahan langka di kandang Bahrain sebelum ditahan imbang 0-0 oleh Indonesia di Jakarta. Hal ini mendorong Arnold mengundurkan diri setelah enam tahun menjadi pelatih Socceroos.

Karena kekurangan striker dan gelandang kelas dunia, Australia telah lama kesulitan menembus pertahanan lawan untuk mencetak gol melalui serangan balik.

Popovic mengatakan kepada pers bahwa dia yakin tim utamanya akan lebih baik dari China dan Jepang, namun dia juga mengirimkan peringatan kepada para pemain.

“Saya sudah bertahun-tahun tidak melihat Australia dengan tim yang bermain buruk dalam dua pertandingan,” ujarnya tentang pertandingan Bahrain-Indonesia.

“Saya ingin mereka menunjukkan sikap yang mereka perlukan untuk kembali ke performa terbaiknya. Ingat mengapa mereka ada di sini, siapa yang mereka wakili.”

Australia berada di urutan kelima Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia, unggul satu poin dari China yang berada di peringkat keenam yang belum terkalahkan setelah mereka dikalahkan 2-1 di kandang Arab Saudi dan dipermalukan 7-0. rumah Jepang.

Dua tim teratas grup akan langsung melaju ke putaran final Amerika Utara 2026.

Popovic termasuk di antara sejumlah pemain yang baru-baru ini ia latih melawan Melbourne Victory, termasuk pemain sayap bintang Nishan Velupillay. Juga bek sayap Jason Geria, yang menerima panggilan pertamanya sejak melakukan debut solonya untuk Australia pada tahun 2016.

Tim Australia:

Kiper: Matt Ryan, Joe Gauci, Paul Izzo.

Bek: Aziz Behich, Jordan Bos, Cameron Burgess, Thomas Deng, Jason Geria, Lewis Miller, Kye Rowles, Harry Souttar, Gianni Stensness.

Gelandang: Keanu Baccus, Ajdin Hrustic, Jackson Irvine, Massimo Luongo, Riley McGree, Connor Metcalfe, Aiden O’Neill.

Penyerang: Daniel Arzani, Mitchell Duke, Craig Goodwin, Nestory Irankunda, Sam Silvera, Apostolos Stamatelopoulos, Nishan Velupillay.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *