Sandiaga Uno Dorong Monas Dibuka Hingga Malam

iaminkuwait.com, XHAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Perdagangan (Kemenparekraf) menyetujui usulan pembukaan kawasan Monumen Nasional (Monas) hingga pukul 22.00 WIB saat akhir pekan. Oleh karena itu, Monas yang ditutup hingga siang hari dinilai menyulitkan masyarakat yang ingin berwisata.

“Untuk mendukung pergerakan (wisatawan) saya rasa sangat tepat,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam konferensi pers mingguan, Senin (29/7/2024).

Sandiaga mengamini gagasan tersebut, karena perilaku wisatawan individu berbeda-beda sehingga jam berkunjungnya juga berbeda. Apalagi saat ini Indonesia sudah keluar dari pandemi sehingga dari segi perlindungan kesehatan sudah lebih baik lagi.

Tambahan jam buka di akhir pekan juga mempengaruhi jumlah uang yang dikeluarkan wisatawan. Sehingga bisa terjadi perubahan ekonomi mana yang lebih besar.

Senada, Kepala Pakar Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Adyatama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya juga menyetujui pembukaan ikon kota Jakarta hingga Minggu pukul 22.00 WIB. Pasalnya, warga Jakarta masih membutuhkan ruang terbuka untuk berbagai aktivitas. Selain itu, kawasan wisata populer ini juga membuka peluang bagi para pedagang untuk menjual produknya.

Disarankan agar pengelolaan kebersihan terkait sampah dapat dikelola dengan lebih baik jika kawasan ini dibuka lebih lama pada akhir pekan. “Dan itu memberikan peluang karena banyak masyarakat yang berjualan, tinggal menata dan mengelola sampahnya,” ujarnya.

Tahukah Anda, pihak pengelola Monumen Nasional (Monas) membatasi jam kerjanya mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB setiap harinya demi keamanan dan kenyamanan pengunjung. Demi pentingnya aspek keamanan, khususnya di tahun politik ini, jam buka kawasan Monas masih dibatasi paling lambat malam hari, kata Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Isa Sanuri, Sabtu (27). ). /). 7/204).

Isa mengatakan, jam kerja tersebut berlaku sejak pertengahan tahun 2022 dan terus berlaku hingga saat ini. Pembatasan jam kerja ini merupakan hasil perjanjian pasca serikat pekerja dengan perusahaan keamanan.

Lebih lanjut, pihaknya juga tengah mengkaji kemungkinan perpanjangan jam kerja Monas hingga pukul 22.00 WIB, khususnya pada hari Sabtu dan Minggu.

Ia mengatakan, kajian penambahan jam kerja ini agar masyarakat Indonesia bisa menikmati indahnya kawasan Mona di malam hari dan hiburan lainnya, tentunya dengan tetap menjaga keamanan dan kenyamanan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *