Lagu Taylor Swift, The Weeknd, dan Artis Universal Lainnya Kembali ke TikTok

iaminkuwait.com, JAKARTA — TikTok dan grup musik Universal Music Group (UMG) memutuskan berdamai setelah perselisihan perizinan teknologi. Setelah perjanjian baru, musik dari artis di bawah UMG juga dapat diputar dan digunakan di TikTok.

Hal ini akan memungkinkan karya bintang seperti Taylor Swift, Olivia Rodrigo, The Weeknd, dan artis UMG lainnya, untuk kembali ke TikTok. UMG mengumumkan hal ini melalui siaran pers perusahaan.

Sebelumnya, Universal menghapus musik artis di situsnya sejak Februari lalu dari TikTok dan saluran lainnya. Ini soal kontroversi perizinan musik di TikTok.

Kini TikTok dan Universal telah memutuskan untuk menghadirkan kembali konten ke platform yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna tersebut. Bagian terpenting dari proses ini adalah jaminan keamanan para seniman dari AI buatan. 

“TikTok dan UMG akan bekerja sama untuk memastikan pengembangan AI di industri musik melindungi kreativitas manusia dan kekayaan yang mengalir ke artis dan penulis lagu,” kata pihak perusahaan, dilansir Engadget, Jumat (3/5/2024). ). ).

TikTok mencoba bekerja sama dengan UMG untuk menghapus musik ilegal yang dibuat oleh AI dan alat lainnya. Hal ini untuk meningkatkan keterampilan para seniman dan musisi.

Kesepakatan itu juga mencakup “aliran pendapatan baru” dari pertumbuhan e-commerce TikTok baru-baru ini. TikTok dikatakan membantu artis dengan menyediakan alat untuk membaca, tiket aksi, “Tambahkan Musik” dan banyak lagi.

Langkah Universal untuk menghapus musik artis dari TikTok awal tahun ini tampak seperti sebuah kejutan. Ini memungkinkan tablet mematikan atau mengunduh video saat menggunakan Universal Music.

Pengguna diperbolehkan mengimpor musik dari genre lain. Saat negosiasi berlanjut, TikTok dituduh mencoba melakukan intervensi terhadap UMG.

“Kami terpaksa menerima penjualan yang lebih rendah dari harga sebelumnya, lebih rendah dari nilai pasar, dan tidak menunjukkan pertumbuhan,” kata UMG bersamaan.

Bulan lalu musik Taylor Swift kembali ke TikTok. Hal ini mungkin karena Swift bisa mengontrol albumnya dan bisa memberikan harga spesial. 

Banyak lagu artis UMG lainnya, termasuk Ariana Grande, juga mulai muncul di platform Tiongkok. Tampaknya ini bukan masalah lain yang dihadapi TikTok. 

Belakangan, Kongres AS meloloskan rancangan undang-undang yang melarang atau melarang TikTok. Jika mereka tidak berhenti, pemilik TikTok, ByteDance, akan menjual aplikasinya di AS. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *