iPhone 16 Pro dan Pro Max Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harganya

iaminkuwait.com, JAKARTA – Apple resmi menghadirkan dua ponsel andalan terbarunya, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max, di acara Glowtime di California, AS, Senin (9/9/2024) waktu setempat ah. Kedua ponsel ini hadir dengan peningkatan hardware, kamera berkualitas baik, dan fitur baru berupa Apple Intelligence yang menjadi fitur paling menarik.

Apple Intelligence (disingkat AI) adalah alat kecerdasan buatan yang diperkenalkan perusahaan pada seri iPhone 16. Fitur-fitur tersebut mencakup berbagai kecerdasan buatan, seperti: Mengubah suara pesan, meningkatkan fungsi Siri, menggambar dan tampilan yang lebih baik, dll. Kontrol kamera yang intuitif. Meskipun Apple Intelligence juga tersedia untuk iPhone 15 Pro dan Pro Max, fitur ini adalah salah satu alasan kuat bagi pengguna iPhone lama untuk melakukan upgrade.

Khusus iPhone 16 Pro dan Pro Max, terdapat tombol tambahan “Scene Intelligence”, yaitu fitur AI yang fokus pada kamera. Seperti diberitakan CNET, Selasa (10/9/2024), tombol ini terletak di bawah lubang antena di sisi kanan ponsel, di bawah tombol kunci. Ketika tombol ini diklik, pengguna bisa langsung mengakses berbagai foto dan video dalam sebuah presentasi, mirip seperti Google Lens. Pengguna juga dapat mengatur penerimaan dan aperture hanya dengan meletakkan jari pada tombol.

Performa dan spesifikasi

IPhone 16 Pro dan Pro Max ditenagai oleh chip terbaru Apple, A18 Pro, yang hanya tersedia di model premium. IPhone 16 Pro tersedia dalam berbagai pilihan penyimpanan, dari 128GB hingga 256GB, 512GB, dan 1TB. IPhone 16 Pro Max mulai dari 256GB dan tersedia dalam opsi lokal 512GB dan 1TB. Sayangnya, belum ada dukungan penyimpanan eksternal sehingga pengguna harus mengandalkan penyimpanan cloud.

Dari segi ukuran, iPhone 16 Pro memiliki layar 6,3 inci sedangkan iPhone 16 Pro Max memiliki layar 6,9 inci, menjadikannya iPhone terbesar yang pernah dibuat. Ponsel premium ini masih memiliki lapisan titanium yang diperkenalkan tahun lalu dan saya belum melihat adanya penambahan bobot.

Fitur kamera

Salah satu kemajuan terbesar di sektor kamera, seperti dilansir CNET, adalah fitur zoom optik 5x, yang kini tersedia di model 16 Pro dan Pro Max. Baterai yang lebih besar adalah satu-satunya perbedaan antara kedua model, dengan Pro mampu memutar video hingga 27 jam dan Pro Max hingga 33 jam.

IPhone 16 Pro dan Pro Max juga memiliki kamera utama 48 megapiksel dengan sensor baru yang memungkinkan 2x makro zoom dan kemampuan video 4K pada 120 frame per detik. Selain itu, kedua model dapat merekam video time-lapse pada 1080p dan 30 frame per detik, yang kemudian dapat dilihat di headset Apple Vision Pro.

Harga dan ketersediaan

IPhone 16 Pro dimulai dengan penyimpanan 128GB dan berharga $999 (kira-kira Rs. 15,4 juta), sedangkan iPhone 16 Pro Max dimulai dengan penyimpanan 256GB dan berharga $1.199 (kira-kira Rs. 18,5 juta). Kedua model tersebut sudah bisa dipesan pada 13 September dan akan tersedia pada 20 September. Baik iPhone 16 Pro maupun Pro Max tersedia dalam empat varian warna, yakni hitam, putih, warna natural (misalnya silver), dan warna gurun (tan).

Belum bisa dipastikan kapan seri iPhone terbaru akan hadir di Indonesia. Namun jika melihat pola penjualan beberapa tahun terakhir, iPhone terbaru biasanya akan tersedia di Indonesia sekitar dua bulan setelah tanggal peluncurannya.

 

Gumanti Awaliyah

Sumber: https://www.cnet.com/tech/mobile/iphone-16-pro-and-pro-max-fit-apple-intelligence-into-the-biggest-iphones-ever/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *