Tomat Dinobatkan Buah Paling Sehat di Dunia Menurut CDC, Ini Alasannya

iaminkuwait.com, JAKARTA — Tomat baru saja dinobatkan sebagai buah tersehat di dunia oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat. Badan tersebut merilis daftar buah-buahan dan sayur-sayuran “kuat”, yang didefinisikan sebagai buah-buahan dan sayur-sayuran yang paling dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit kronis.

Dilansir laman Best Life, Senin (23/9/2024), 26 makanan pertama yang masuk daftar adalah sayuran, terutama kubis atau varietas berdaun hijau. Buah pertama yang muncul dalam pemeringkatan tersebut adalah tomat yang memiliki skor kepadatan nutrisi 20,37.

Skor tersebut dihitung berdasarkan bioavailabilitas 17 nutrisi utama. Menurut Klinik Cleveland, tomat mentah berukuran sedang mengandung hal-hal berikut:

-17 gram vitamin C (19 persen dari nilai harian (DV) untuk orang dewasa). DV adalah nilai gizi harian yang dianjurkan untuk dikonsumsi atau tidak boleh dilampaui setiap hari 

-10 mikrogram vitamin K (8 persen DV)

-296 miligram potasium (6 persen DV)

-19 mikrogram folat (5 persen DV)

Selain itu, tomat kaya akan dua antioksidan penting yaitu likopen dan beta-karoten. Lycopene memberikan warna yang kaya pada tomat.

Likopen juga membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak DNA. Penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat menurunkan risiko kanker prostat, serta risiko stroke.

John Erdman, profesor emeritus ilmu nutrisi dan pangan di Universitas Illinois Urbana-Champaign, mengatakan kepada The New York Times bahwa tomat mengandung lebih dari 80 persen likopen dalam makanan rata-rata orang Amerika. Buah ini dikatakan mempertahankan antioksidan baik dimakan mentah, dimasak atau dikeringkan di bawah sinar matahari.

Namun perlu diingat bahwa semakin merah tomat, semakin tinggi kandungan likopennya (tomat hijau tidak mengandung antioksidan). “Selain itu, beta-karoten diubah di dalam tubuh menjadi vitamin A, yang diperlukan untuk kesehatan mata dan kulit,” jelas Mayo Clinic.

Tomat mengandung 95 persen air yang menjadikannya pilihan tepat untuk tetap terhidrasi. Selain profil nutrisinya, tomat juga hanya memiliki 23 kalori, kurang dari satu gram lemak, dan 5 gram karbohidrat. Sebagai perbandingan, beberapa buah yang juga masuk dalam daftar buah tersehat menurut CDC adalah:

– Lemon: 18.72

– Jalan: 17.59

– Oranye: 12.91

– Oranye: 12.23

-Grapefruit (merah muda dan merah): 11.64

-BlackBerry: 11.39

– Grapefruit (putih): 10.47

Sementara apel, pisang, raspberry, jeruk keprok, dan cranberry bukanlah buah padat nutrisi, namun bukan berarti tidak memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *