Love Language Penting dalam Hubungan dengan Pasangan, Ini Manfaatnya

iaminkuwait.com, JAKARTA – Istilah bahasa cinta mungkin pernah Anda dengar. Bahasa cinta adalah cara seseorang mencintai dan peduli terhadap Anda, kata Beth Rybersky, Ph.D., profesor dan direktur Sekolah Komunikasi dan Media di Universitas Illinois di Springfield.

Berdasarkan Best Life, Senin (29/4/2024), bagian tersulitnya adalah apa arti dari lima bahasa cinta dan bagaimana Anda bisa “mengucapkannya”. Psikolog klinis Carla Marie Manley, PhD, penulis The Joy of Imperfect Love, mengatakan kepada Best Life bahwa ada lima bahasa cinta: pelayanan, hadiah, kata-kata penegasan, waktu berkualitas, dan sentuhan. paling mencintai dan melihat orang lain dalam hubungan. 

“Dan sebaliknya, mengetahui bahasa cinta orang lain memungkinkan pemberi mengungkapkan cinta dengan cara yang bermakna kepada penerima. “Mengetahui bahasa cinta Anda sendiri dan bahasa cinta orang yang Anda sayangi akan meningkatkan efektivitas. dengan cinta, “kata Manley.

Namun, Manley mengatakan bahwa pasangan sering kali memiliki bahasa cinta yang berbeda, jadi lebih penting lagi untuk memahami bahwa Anda dan pasangan mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda. 

“Tujuan bahasa cinta adalah untuk menginspirasi dan mengungkapkan cinta kepada pasangan dalam bahasa pilihan Anda,” ujarnya. 

Maka penting untuk mengetahui apa arti bahasa cinta bagi hubungan Anda. Beberapa cara Anda dan pasangan mengetahui bahasa cinta dapat membuat perbedaan signifikan di sini.

Pertama, bahasa cinta membantu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah. Manley berpendapat bahwa ketika bahasa cinta tidak konsisten dan tidak sesuai dengan kebutuhan penerimanya; Pemberi merasa tidak dihargai dan penerima merasa tidak terlihat dan bahkan tidak dicintai. 

Jadi mencoba “berbicara” bahasa cinta pasangan Anda dapat membantu mencegah hal ini. “Ketika pasangan memiliki bahasa cinta yang berbeda, penting bagi masing-masing pasangan untuk memahami bahasa cinta satu sama lain dan kemudian memenuhi kebutuhan satu sama lain,” jelas Manley. 

Kedua, bahasa cinta membantu menunjukkan kepedulian Anda. Menurut Rybersky, jika Anda dan pasangan meluangkan waktu untuk berkomunikasi mengenai bahasa cinta, maka akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain dan menunjukkan bahwa Anda peduli. 

Meskipun orang lain mungkin tidak memiliki bahasa cinta yang sama dengan Anda, aturannya adalah memperlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan. “Dengan mencoba menemukan bahasa cinta yang disukai pasangan, hal ini dapat menunjukkan kepada pasangan Anda bahwa Anda bersedia keluar dari zona nyaman untuk merawatnya,” kata Ribarski. 

Ketiga, bahasa cinta membantu Anda merasa terhubung. Jika Anda dan pasangan merasa “off”, mengenal bahasa cinta adalah salah satu cara untuk menghidupkan kembali hubungan Anda.

Keempat, bahasa cinta dapat membantu Anda dalam hubungan lainnya. Rybersky mengatakan bahwa bahasa cinta juga dapat membantu Anda dalam bidang lain dalam hidup Anda. “Meskipun kita sering memikirkan bahasa cinta ketika berhubungan dengan pasangan kita, hal yang sama juga berlaku ketika berhubungan dengan hubungan kita,” kata Rybarsky. Misalnya, Rybersky menambahkan, mengetahui betapa teman Anda menyayangi atau peduli dapat membantu Anda memberikan mereka dukungan sosial yang efektif. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *