Psikolog Sebut Konseling Pranikah Penting untuk Identifikasi Potensi KDRT

iaminkuwait.com, JAKARTA — Konseling pranikah dinilai penting bagi pasangan yang ingin menikah, khususnya yang sedang menjalani proses pertunangan. Alpha Restu Mardhika, Psikolog Insight Psychology menjelaskan, konseling pranikah dapat menjadi sarana untuk mengidentifikasi kemungkinan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga.

Alpha mengatakan melalui konseling pranikah, keduanya dapat memahami tanda-tanda apakah pasangan mengalami gangguan emosi seperti gangguan marah atau temper yang berpotensi menjadi pelaku kekerasan dalam rumah tangga. “Konseling pranikah sangat penting terutama bagi pasangan yang berpacaran. Saat dihubungi Republika.co, Alpha mengatakan, “Selain mendapat informasi tentang calon pasangan dari orang terdekatnya atau mengalami cara berkomunikasi dengan orang tuanya, dalam sesi konseling mungkin ada tanda-tanda apakah ia rentan melakukan kekerasan dalam rumah tangga. ” . id, Rabu (14/8/2024).

Sebelum menikah, kata Alpha, calon pengantin tidak hanya perlu memeriksakan kesehatan atau kondisi fisiknya saja. Namun, penting juga untuk mengevaluasi kesehatan mental calon pasangan. Ia menambahkan, dalam sesi konseling seorang psikolog akan menjelaskan kepadanya tentang karakter calon pasangan yang mungkin belum ia sadari sebelumnya.

“Dalam konseling pranikah, psikolog sering menjelaskan: ‘Di sini calon Anda punya masalah A dan B, Anda mau menerimanya atau tidak?’

Alpha tidak menampik masih banyak calon pasangan yang belum mendapatkan konseling pranikah. Oleh karena itu, ia berharap kedepannya akan semakin banyak pasangan yang menyadari pentingnya konseling pranikah.

“Memang benar konseling pranikah masih belum banyak ditemui di masyarakat, namun diharapkan semakin banyak masyarakat yang menyadari bahwa konseling pranikah penting untuk menjamin kesiapan mental kedua belah pihak,” kata Alpha.

Seruan Alpha akan pentingnya konseling pranikah ini merupakan respons atas kasus viral kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dialami suaminya, Armor Toreador, Celebrogram Kat Intan Nabila. Peristiwa KDRT ini sempat menghebohkan masyarakat setelah Cutton membagikan rekaman CCTV tersebut. Armar saat ini telah ditangkap Polres Bogor. Penyelidik mendakwa Armor dengan beberapa tuduhan dan dia menghadapi hukuman maksimal 10 tahun penjara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *