PLN Electric Run 2024, Event Pertama di Indonesia yang Penyelenggaraannya Tanpa Emisi

iaminkuwait.com, TANGERANG – PT PLN (Persero) mengaktifkan kembali listrik PLN 2024 di Lapangan Taman Scientia, Gading Serpong, Tangerang, Minggu (6/10). Perlombaan yang diikuti 6.470 pelari ini berkontribusi terhadap pengurangan 14.363 kilogram (kg) CO2.

Acara bertajuk ‘Power Up Togetherness’ ini tidak hanya sekedar ajang olahraga, namun juga merupakan salah satu cara untuk mendorong pembangunan berkelanjutan dan aksi nyata menjaga lingkungan. Dalam ajang ini, peserta yang terdiri dari masyarakat umum, pelajar, komunitas lari, pegawai PLN, dan atlet PON nasional mengikuti tiga kategori jarak jauh yaitu 5K, 10K, dan half marathon.

Bendera tersebut dibuat sejak dimulainya PLN Electric Run 2024 di Scientia Square Park berdasarkan kategori berdasarkan kategori jarak mulai pukul 05.00 WIB dan dilepas oleh Direktur PLN Darmawan Prasodjo, Komisaris PLN Mutanto Juwono, Direktur Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra, dan Direksi PLN.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan, PLN Electric Run 2024 bukan sekedar ajang olahraga, melainkan upaya kuat untuk membangkitkan semangat masyarakat menjaga dunia melalui pola hidup sehat dan ramah lingkungan.

Darmawan mengatakan: “Tema ‘Power Up Togetherness’ mencerminkan semangat kerja sama untuk melindungi planet kita. Kami ingin mengajak seluruh peserta untuk bekerja sama, tidak hanya dalam kehidupan, tetapi juga untuk masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.”

Penurunan emisi melalui PLN Electric Run 2024 dicapai melalui proses produksi nol emisi. Dibandingkan penggunaan kendaraan berbahan bakar bensin yang mengeluarkan 2,4 kg CO2 per 10 km, total jarak yang ditempuh oleh 6.470 pelari mampu mengurangi emisi sebesar 14.363 kg CO2.

Jumlah peserta dan penurunan emisi meningkat sejak tahun lalu, pada tahun 2023 peserta sebanyak 5.000 orang dan pengurangan produk sebesar 11.880 kg CO2.

Darmawan menambahkan: “Acara ini menunjukkan bahwa melalui aktivitas bersama, seperti berjalan kaki, kita dapat berkontribusi dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Ini adalah langkah kecil yang berdampak besar.”

Tidak hanya itu, upaya pencegahan pencemaran dapat dilakukan melalui upaya perlindungan lingkungan yang diterapkan dalam perencanaan acara, antara lain penggunaan listrik hidrogen hijau sebagai sumber tenaga utama, penggunaan kendaraan listrik dalam acara, dan pembagian bibit tanaman kepada peserta. . . Itu sebabnya PLN Electric Run 2024 menjadi event nol emisi pertama di Indonesia.

Guna menurunkan emisi pada proses tersebut, PLN mengubah harga gas per rupiah dengan memberikan bantuan kepada 5 unit sepeda motor listrik menjadi mitra ojek online kategori miskin yang diberikan melalui GOTO. Inisiatif praktis ini tidak hanya akan mengurangi emisi dari sektor transportasi namun juga akan meningkatkan kesejahteraan para penerima manfaat.

Menurut Darmawan, PLN Electric Run 2024 juga diharapkan dapat menjadi ajang dan penyemangat para atlet Indonesia untuk meraih prestasi nasional dan internasional.

Dalam ajang tersebut, PLN memberikan hadiah sebesar Rp730 juta kepada tiga pelari tercepat di setiap kategori, pelari yang berhasil memecahkan rekor nasional, serta kesempatan yang sama untuk memenangkan hadiah utama 5 unit sepeda motor listrik dan berbagai hal lainnya. item. pahala yang besar. Sebagai penutup PLN 2024, band utama GIGI tampil menghibur para pelari dan peserta acara.

“Dengan semangat persatuan, PLN Electric Run 2024 menjadi bukti bahwa kegiatan olahraga dapat menjadi sarana untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, sekaligus mengajak masyarakat luas untuk aktif mengurangi emisi gas rumah kaca. Darmawan menyimpulkan: “PLN berkomitmen untuk terus menerapkan penerapan berkelanjutan.” rencana untuk emisi rendah (NZE) dan masa depan yang lebih baik.”

Pemenang PLN Listrik Run 2024 adalah:

Tahap kedua Marathon

1. Robi Syanturi

Riki

3. Syamsuddin Massa

Tahap kedua Marathon Wanita

1. Dr.Elvina Naibaho

2.Irma Handayani

3. Saya tidak pintar

Setengah Maraton Putra Senior

1. Moh. cemburu

2. Minat

3. Risa Wijayanti

Tahap kedua Marathon Wanita

1. Risa Wijaanti

2. Cecilia Thrisna Gunawan

3. Wik

Kelas 10K Putra

1. Pandu Sukarya

2.Iqbal Saputra

3. Tarsisius Seso

Kelas 10K Putri

1.Dwi Tiansi Anggraini

2. Aprilia Kartina

3. Fitri

Kelas 10K Putra

1. Bambang Oktavianus

2. Apriarto Muktiadi

3. Quasalmy Oktavianus

Kelas 10K putri

1. Wali

2. Polisi wanita

3. Siti Muawanah

Kelas 5K

1. Febtri Putra Zega

2. Abdi Sury Aljazair

3. Danu Maarif

Kelas Putri 5K

1.Angelika

2. Mataia Ena Solenita Savelinda Nabunome

3. Fisnawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *