Tas Dior Rp 46 Juta Dituding Kemahalan, Biaya Produksi Diduga Cuma Segini

iaminkuwait.com, JAKARTA – Belakangan terungkap, tas mewah Christian Dior yang dijual sekitar Rp 46 juta, kabarnya hanya membutuhkan biaya produksi Rp 1 juta. Berdasarkan putusan pengadilan Italia, merek mewah tersebut terbukti mengeksploitasi imigran gelap asal Tiongkok untuk memproduksi tas dengan harga murah dan diberi label “Made in Italy”.

Menurut Forbes, pengadilan Milan di Italia memerintahkan tindakan administratif yudisial terhadap Dior SRL, anak perusahaan Dior di Italia, dan menunjuk administrator yudisial untuk mengawasi perusahaan tersebut selama satu tahun. Tindakan ini diambil karena adanya tuduhan bahwa perusahaan mengizinkan dan mendorong eksploitasi tenaga kerja yang dilakukan oleh subkontraktor Tiongkok.

Perintah pengadilan setebal 34 halaman itu merinci kondisi kerja empat subkontraktor yang membuat tas Dior. Imigran gelap asal Tiongkok dan Filipina sebagian besar bekerja di pabrik-pabrik tersebut. Para pekerja harus tidur di bengkel, karena pabrik bekerja 24 jam sehari. Untuk mempercepat produksi, perangkat keselamatan juga dilepas dari mesin.

Subkontraktor yang menghemat biaya produksi ini menjual setiap tasnya ke Dior dengan harga US$60 atau sekitar Rp1 juta. Tas-tas ini kemudian dijual di toko Dior dengan harga US$2.850 atau sekitar Rp46 juta. Pengadilan memutuskan bahwa unit bisnis Dior bertanggung jawab karena tidak memastikan kondisi kerja sebenarnya atau kemampuan teknis pemasok dan karena tidak melakukan inspeksi rutin.

Investigasi pengadilan juga mengklaim bahwa praktik produksi yang tidak etis ini bersifat sistemik di seluruh Italia, di mana ribuan produsen kecil milik perusahaan asing memproduksi merek-merek mewah dengan barang-barang yang dapat diberi label bergengsi “Made in Italy”, tetapi produk dengan harga ” “Made in China “. .

“Ini bukan hal yang sporadis yang hanya berdampak pada satu produk saja, tapi merupakan cara produksi yang umum dan konsisten. Karena merek fesyen mewah berusaha menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi,” ujarnya, seperti dilansir Forbes, Rabu (3/7/2024). ).

Otoritas investasi Italia telah menyelidiki kondisi kerja subkontraktor produsen barang mewah selama beberapa tahun. Hal ini dilakukan sebagai tanggapan terhadap kekhawatiran bahwa perusahaan-perusahaan murah yang dikelola Tiongkok merusak industri kulit tradisional Italia.

Italia menyumbang 50 hingga 55 persen produksi barang mewah global, sehingga Italia mempunyai peran besar dalam menghilangkan pelanggaran hak asasi manusia dan proses produksi yang tidak etis. Dior sendiri merupakan label fesyen terbesar LVMH setelah Louis Vuitton. Rumah mode dan produk kulitnya menyumbang sekitar setengah dari total pendapatan LVMH sebesar $92,5 miliar tahun lalu.

Menanggapi laporan ini, banyak negara terkejut dan kecewa dengan praktik manufaktur Christian Dior. Mereka juga mengkritik merek tersebut di media sosial. “Harga tersebut hanya untuk pembelian merek,” ujar salah satu warganet seperti dilansir Allkpop, Rabu (3/7/2024).

“Yang palsu dari China dan yang asli sama semua. Gila,” komentar netizen lainnya.

“Saya ingin tahu apakah sekarang ada barang-barang mewah yang nyata,” kata warga negara lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *