Maluku diguncang Gempa Magnitudo 5,8, BMKG: Akibat Sesar Utara Pulau Seram

iaminkuwait.com, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan gempa berkekuatan 5,8 skala Richter terjadi di Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku pada Senin dini hari (5 Juni 2024). Gempa tersebut dilaporkan di website BMKG Jakarta pada pukul 03.37 WIB.

Gempa bumi berkekuatan 5,8 SR melanda Selam Timur, Provinsi Maluku pada Senin dini hari, dan BMKG melaporkan adanya aktivitas di sesar Pulau Selam Utara. “Gempa jenis ini merupakan gempa dangkal dan hasil analisis mekanisme fokus menunjukkan bahwa gempa ini mempunyai mekanisme pergerakan ke atas atau sesar naik,” kata Dariono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin. .

Ia menjelaskan, episentrum gempa terletak 51 kilometer barat laut Thanibal-Pula dengan kedalaman fokus 16 kilometer. Analisa BMKG menunjukkan gempa tersebut berdampak dan terasa di wilayah Manado dan Seram Bagian Timur Kota Pula dengan magnitudo II-III MMI, atau getarannya terasa jelas di dalam rumah dan terasa seperti goyangan truk. Melewati.

Ia mengatakan, observasi BMKG hingga pukul 04.05 WIB menunjukkan terjadi sembilan kali gempa susulan dengan magnitudo maksimum 5,8 skala richter.

Namun, dia mengatakan, saat ini belum ada informasi kerusakan akibat gempa tersebut. Begitu pula berdasarkan hasil simulasi sumber gempa struktur pada 3,18 derajat Lintang Selatan (LS) – 130,94 derajat Bujur Timur (BT), tidak ada kemungkinan terjadinya tsunami.

BMKG terus mengimbau masyarakat setempat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh pertanyaan-pertanyaan yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, Dalino ingin masyarakat memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa atau tidak menimbulkan kerusakan akibat getaran yang dapat mengganggu stabilitas bangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *