Andres Iniesta Umumkan Gantung Sepatu pada Usia 40 tahun

iaminkuwait.com, JAKARTA – Mantan pemain Barcelona dan Spanyol Andres Iniesta mengumumkan pensiun dari sepak bola pada Selasa (10/8/2024). Iniesta setelah karir cemerlang dan penuh trofi selama 24 tahun.

Iniesta, 40, adalah salah satu gelandang Spanyol dan Barcelona selama periode kesuksesan berkelanjutan untuk kedua klub di akhir tahun 2000an dan awal 2010an.

“Izinkan saya untuk sedikit emosional hari ini,” kata Iniesta, yang terakhir bermain untuk Emirates Club di Uni Emirat Arab, pada konferensi pers.

“Saya tidak pernah mengira hari ini akan tiba. Saya tidak percaya itu. Ya, setiap air mata yang kita keluarkan hari ini adalah air mata haru, air mata kebanggaan. Itu bukanlah air mata kesedihan. “

Ia mengatakan ini adalah air mata seorang anak laki-laki dari kota kecil Fuentealbilla yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola dan mencapainya melalui kerja keras, pengorbanan dan tidak melepaskan nilai-nilai penting dalam hidupnya. Ia mengaku sangat bangga dengan jalan tersebut, terhadap seluruh orang yang mengikutinya.

Iniesta yang memiliki kemampuan teknik luar biasa telah mencatatkan 131 penampilan untuk Spanyol. Dia mencetak satu-satunya gol di final Piala Dunia 2010 melalui gol di masa tambahan waktu, memberi negaranya kemenangan atas Belanda dan gelar Piala Dunia pertama mereka.

Dia juga memainkan peran kunci ketika Spanyol memenangkan Piala Eropa pada tahun 2008, mengakhiri kekeringan gelar selama 44 tahun. Selama sukses mempertahankan gelar pada tahun 2012, Iniesta dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Lahir di desa kecil Fuentealbilla, kurang dari satu jam perjalanan tenggara ibu kota Madrid, Iniesta bergabung dengan akademi La Masia Barcelona pada usia 12 tahun. Iniesta memainkan 674 pertandingan untuk klub Spanyol tersebut dan menjabat sebagai presiden selama tiga periode.

Setahun sebelum menjadi pahlawan Spanyol di final Piala Dunia, Iniesta menunjukkan kesaktiannya di semifinal Liga Champions melawan Chelsea. Gol brilian di menit-menit akhir memastikan Barca mencapai final dan mengangkat trofi – Liga Champions pertama Pep Guardiola sebagai pelatih.

Iniesta memenangkan sembilan gelar La Liga bersama Barca, empat gelar Liga Champions, enam trofi Copa del Rey, dua Piala Super UEFA, dan tiga Piala Dunia Antarklub FIFA, banyak di antaranya bersama Xavi Hernandez, saingannya untuk gelar pesepakbola Spanyol terbaik sepanjang masa. .

“Salah satu rekan satu tim yang paling ajaib dan paling saya nikmati, Andres Iniesta, sepak bola akan merindukannya dan kami juga!” “Saya mendoakan yang terbaik untuk Anda, Anda hebat,” tulis mantan rekan setimnya di Barcelona Lionel Messi di media sosial .

Iniesta, runner-up Ballon d’Or 2010 setelah Messi, mengakhiri kontraknya dengan Spanyol dan Barcelona pada 2018 dan pindah ke Jepang untuk bermain untuk Vissel Kobe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *