Tilawah dengan Nada Terlalu Tinggi, Betulkah Jadi Pemicu Pingsannya Peserta MTQ Jabar?

iaminkuwait.com, JAKARTA – Sebuah video TikTok yang dibagikan akun @Fatwa0924 menjadi viral di media sosial. Dalam video tersebut peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 sedang melakukan ceramah.

Namun nada ayat Alquran yang dibacakannya terlalu keras, meski remaja putri berhijab itu tampak meronta, namun memaksakan diri. Setelah membaca satu bab, peserta MTQ hampir pingsan. Tubuhnya bergoyang hingga dia menjatuhkan mikrofon.

 

Video tersebut telah ditonton lebih dari 5,3 juta kali di TikTok dan dibagikan ulang ke berbagai platform media sosial. Banyak netizen yang menyayangkan karena tidak berbuat banyak, apalagi jika harus “mempertaruhkan nyawa”.

Bagaimana hal ini dijelaskan secara medis? Bisakah ceramah terlalu keras hingga membuat orang pingsan? Dr Gia Pratama Putra menjelaskan hal tersebut sangat mungkin terjadi.

Dr Gia kepada iaminkuwait.com, Senin (6/5/2024) “Dari sudut pandang medis, ketika seseorang bernyanyi atau bernyanyi dengan nada tinggi dalam jangka waktu tertentu, dapat mempengaruhi banyak hal di dalam tubuh” . .

Mantan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi menjelaskan bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Pertama, akibat adanya rangsangan pada saraf vagus, bagian sistem saraf tubuh yang berperan penting dalam kerja sensorik dan motorik involunter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *