Scarlett Johansson Sebut OpenAI Gunakan Suaranya untuk Asisten Suara ‘Sky’

iaminkuwait.com, JAKARTA – Aktris Scarlett Johansson menuduh OpenAI menyalin suaranya untuk salah satu asisten suara ChatGPT, meski perusahaan menolak izin melakukannya. Pengumuman Johansson pada Senin (20/5/2024) terjadi beberapa jam setelah OpenAI mengatakan perusahaannya tidak lagi menggunakan suara di ChatGPT, namun tidak memberikan alasannya. 

“September lalu, saya menerima tawaran dari Sam Altman, yang ingin mempekerjakan saya untuk menyuarakan sistem ChatGPT 4.0 saat ini,” tulis Johansson dalam pernyataan yang dibagikan tim PR-nya kepada Engadget (NPR pertama kali melaporkan ceritanya), lapor Engadget . Kamis (23/5/2024). 

“Dia mengatakan kepada saya bahwa dia percaya bahwa dengan menyuarakan sistem ini, saya dapat menjembatani kesenjangan antara perusahaan teknologi dan orang-orang kreatif dan membantu konsumen merasa nyaman dengan perubahan seismik yang terkait dengan manusia dan kecerdasan buatan. Dia bilang dia merasa suaraku akan menghibur orang-orang,” kata Johansson.

Dia menambahkan bahwa dia menolak tawaran tersebut setelah banyak pertimbangan dan karena alasan pribadi. Namun ketika OpenAI memamerkan GPT-4o, model terbaru dari bahasa inti perusahaan, minggu lalu, rasanya sistem OpenAI setara. 

“Teman-teman, keluarga, dan masyarakat umum telah memperhatikan betapa miripnya sistem terbaru bernama Sky dengan saya,” kata Johansson.

Ketika Johansson melihat demo OpenAI terbaru, dia berkata bahwa dia terkejut, marah, dan tidak percaya Altman akan berusaha keras untuk mendapatkan suara yang sangat mirip dengan suaranya sehingga teman terdekatnya tidak akan dapat mendengar perbedaannya.

Dia juga mengatakan bahwa Altman menghubungi agennya hanya dua hari sebelum perusahaan memperkenalkan GPT-4o dan memintanya untuk meninjau sistem tersebut, namun dia masih merilis sistem tersebut sebelum dia dapat memberikan tanggapan. 

Juru bicara OpenAI mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Engadget bahwa perusahaan menghubungkan hal ini dengan Altman, salah satu pendiri dan CEO OpenAI, mengatakan bahwa suara Skye tidak terdengar seperti suara Scarlett Johansson dan tidak pernah dimaksudkan untuk menyerupai suaranya. 

“Sebelum menghubungi Johansson, kami memilih pengisi suara Skye. Untuk menghormati Johansson, kami menghentikan sementara penggunaan Sky Voice di produk kami. “Kami meminta maaf kepada Johansson karena tidak berkomunikasi dengan lebih baik,” ujarnya. 

Meskipun Sky telah menjadi salah satu asisten suara di ChatGPT sejak September 2023, GPT-4o, yang diumumkan perusahaan minggu lalu, bahkan lebih jauh lagi. Perusahaan mengatakan model baru ini lebih mendekati “interaksi manusia-komputer yang lebih alami” dan mencatat bahwa para eksekutifnya berbicara dengan asisten suara di ChatGPT dengan cara yang hampir mirip manusia. 

Hal ini menunjukkan perbandingan dengan Samantha, asisten suara virtual yang dimainkan Johansson di film Her tahun 2013, yang memiliki hubungan intim dengan manusia. Tak lama setelah kejadian tersebut, Altman men-tweet satu kata – “dia”, yang tampaknya merujuk pada film tersebut. 

OpenAI mengatakan mereka telah berhenti…

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *