LIMA Basketball 2024 Digelar di Empat Kota, Terapkan Promosi Degradasi

iaminkuwait.com, JAKARTA – Persatuan Mahasiswa (LIMA) kembali menyelenggarakan LIMA Basketball 2024, turnamen bola basket paling bergengsi di kalangan pelajar. Tahun ini, LIMA Basketball akan digelar di empat kota besar di Indonesia. Sistem promosi dan degradasi (Promdeg) diterapkan untuk membuat pertandingan lebih kompetitif dan total dua divisi diciptakan untuk putra.

Serial ini akan diadakan di Jakarta dan Surabaya pada 12-19 Oktober 2024, serta Bandung dan Yogyakarta pada 9-16 November 2024. Terakhir, babak final akan digelar pada 11 hingga 14 Desember 2024.

Tahun ini istimewa karena Lima Basketball memperkenalkan format dua divisi untuk tim bola basket putra untuk pertama kalinya. Inovasi ini diharapkan dapat menciptakan lebih banyak peluang bagi tim untuk bersaing dan berkembang berdasarkan levelnya.

Delapan tim putra teratas bersaing di Divisi 1, dengan dua tim teratas dari masing-masing wilayah melaju ke babak final. Sedangkan dua tim teratas akan terdegradasi ke kasta 2 musim depan. Divisi 2 adalah arena bagi tim yang ingin membuktikan diri, dengan dua tim teratas dipromosikan ke Divisi 1 untuk musim tahun depan.

Sebagai persiapan, direktur Lima Jonas Miradiyarcia mengungkapkan optimisme dan antusiasmenya atas kesuksesan peluncuran tahun ini. “Kami sangat bersemangat menyambut Lima Basketball 2024 dengan format baru dua divisi beregu putra. Ini merupakan langkah penting dalam perkembangan turnamen karena memberikan peluang bagi tim-tim baru untuk menjadi lebih kompetitif dan bagi talenta-talenta muda. “Kami ingin setiap tim menunjukkan potensi terbaiknya melalui format ini,” kata Yunus dalam jumpa pers, Kamis (10/10/2024).

LIMA 2024 didukung oleh Bank Mandir. Teku Ali Usman, Sekretaris Jenderal Bank Mandir mengatakan Bank Mandir selalu mendukung pengembangan olahraga nasional, khususnya pengembangan atlet Indonesia di tingkat nasional dan internasional.

Ali mengatakan, dengan mendukung olahraga khususnya bola basket, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam melahirkan atlet-atlet profesional berbakat di Indonesia.

Bank Mandir berharap dukungan Lima dapat mendorong dan menginspirasi atlet-atlet muda Indonesia untuk lebih berprestasi.

Sekretaris Jenderal PP Parbasi Nirmala Devi mengucapkan terima kasih atas partisipasi lebih banyak sekolah. Dia yakin akan ada lebih banyak lagi di masa depan. “Mengapresiasi pesatnya kemajuan UM, minat terhadap UM semakin meningkat,” ujar Nirmala.

Pemain IBL masih diperbolehkan berlaga di LIMA, namun turnamen bola basket papan atas negara itu memiliki durasi maksimal dua tahun. Sebuah sekolah dapat mendaftarkan hingga lima pemain, tetapi hanya dua pemain IBL yang dapat bermain dalam satu waktu.

Pemain IBL RANS Simba Bogor Lima Daniel Salamena yakin distrik sekolah Parbanas miliknya bisa meraih treble musim ini. Meski banyak cabang olahraga, kami siap mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk mempertahankan gelar juara, ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya chemistry tim. “Kami bisa dengan mudah terhubung satu sama lain di lapangan, jadi saya yakin dengan kesatuan tim dan kemampuan mempertahankan gelar juara,” kata Daniel. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *