Peluncuran Boeing Starliner Kembali Ditunda

iaminkuwait.com, JAKARTA – NASA mengumumkan tanggal peluncuran misi berawak pertama pesawat luar angkasa Boeing Starliner kembali berubah. Setelah dua kali penundaan pada bulan ini, penerbangan pertama Starliner dengan astronot dijadwalkan pada 25 Mei 2024 pukul 15:09 ET (26 Mei 2024 pukul 02:09 WIB).

NASA menjelaskan bahwa penundaan itu diperlukan untuk memberi tim misi lebih banyak waktu untuk mendaratkan pesawat ruang angkasa dan membenarkan peluncurannya. Penundaan ini terjadi setelah tim Starliner melaporkan kebocoran helium kecil di modul layanan pesawat ruang angkasa.

Kebocoran ditemukan pada flensa pendorong sistem kendali tunggal dimana helium digunakan untuk mengaktifkan pendorong. Tambahan waktu sebelum peluncuran akan memungkinkan para ahli untuk mengevaluasi lebih lanjut masalah tersebut, meskipun pengujian tersebut saat ini tidak menimbulkan risiko misi.

“Tim Boeing sedang mengembangkan prosedur operasional untuk memastikan kinerja yang memadai dan redundansi sistem selama penerbangan,” kata NASA, dilansir CNN, Senin (20/5/2024).

Misi tersebut, yang dikenal sebagai Crew Flight Test, bisa menjadi tonggak besar terakhir sebelum NASA menganggap pesawat ruang angkasa Boeing siap untuk operasi rutin sebagai bagian dari program kru komersial badan federal tersebut. Peluncuran berawak ini akan menjadi yang pertama bagi Starliner yang membawa astronot NASA Sonny Williams dan Butch Willmore, yang dijadwalkan menghabiskan waktu seminggu di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Penerbangan bersejarah ini merupakan peluncuran pesawat ruang angkasa berawak keenam dalam sejarah AS, setelah Mercury, Apollo, Space Shuttle, dan Dragon milik SpaceX. “Ini dimulai dengan Merkurius, lalu Apollo, lalu Pesawat Ulang-alik, lalu (SpaceX) Dragon – dan sekarang Starliner,” kata Administrator NASA Bill Nelson.

Boeing mengembangkan Starliner untuk bersaing dengan kapsul Dragon berawak SpaceX dan memperluas pilihan AS untuk mengangkut astronot ke stasiun luar angkasa. Williams juga akan membuat sejarah sebagai wanita pertama yang meluncurkan misi Starliner.

Namun jalan menuju pemberangkatan tidak mulus. Pengembangan yang terhenti, masalah pengujian penerbangan, dan kemunduran merugikan lainnya memperlambat kemajuan Starliner. Pada saat yang sama, SpaceX menjadi penyedia transportasi utama NASA.

Pada tanggal 6 Mei, dua jam sebelum lepas landas karena masalah katup pada roket Atlas V tahap kedua, peluncuran dibatalkan. Tim United Launch Alliance mengganti katup pengatur tekanan di tangki oksigen cair, tetapi helium bocor. Pesawat ulang-alik Boeing menyebabkan penundaan lebih lanjut.

Jika berjalan sesuai rencana minggu depan, Starliner dan astronot di dalamnya akan terpisah dari roket Atlas V setelah mereka mencapai orbit. Kendaraan tersebut akan menghabiskan waktu lebih dari 24 jam dalam perjalanan menuju ISS.

Williams dan Willmore akan bergabung dengan tujuh astronot dan kosmonot lainnya di laboratorium yang mengorbit selama sekitar satu minggu. Mereka kemudian akan kembali ke Bumi dengan kapsul Starliner yang sama, yang akan mendarat dengan parasut di lokasi tertentu di barat daya Amerika Serikat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *