Peringatan Harlah Pancasila, Presiden Jokowi akan Pimpin Upacara di Blok Rokan

iaminkuwait.com, JAKARTA — Peringatan terakhir Hari Lahir Pancasila akan digelar di Lapangan Blok Rokan, Riau pada Sabtu, 1 Juni 2024. Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir langsung untuk menjadi inspektur. dari upacara tersebut.

Sekretaris Jenderal Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Tonny Agung Arifianto mengatakan, BPIP memilih Lapangan Blok Rokan sebagai tempat acara puncak peringatan Harlah Pancasila tahun 2024 guna meningkatkan nasionalisme dan persatuan seluruh anak bangsa.

“Blok Rokan merupakan blok tersubur di Indonesia dan mulai tahun 2021 para pemimpin akan kembali 100% ke Ibu Pertiwi. Dari sini kami ingin menyampaikan pesan bahwa jika kita bersatu, kita bisa menjaga sumber daya yang bermanfaat bagi mereka. adalah untuk kesejahteraan semua orang,” kata Tonny.

Harlah Pancasila tahun ini mengusung tema Pancasila, semangat mempersatukan dunia menuju Indonesia emas 2045. Tonny mengatakan, Indonesia akan menjalani masa keemasan pada tahun 2045. Saat itu, Indonesia akan berusia 100 atau 100 tahun.

“Saat itu Indonesia ingin menjadi negara maju dan berada pada level kekuatan besar,” ujarnya. 

Sedangkan logo utama Harlah Pancasila tahun 2024 yaitu Sandya Taru atau Pohon Persatuan melambangkan persatuan, semangat persatuan dan kesetaraan. Pohon persatuan tercipta dari nilai ketiga Pancasila: Persatuan Indonesia dan lambang Banyan.

“Sebagai pohon yang menjadi sumber kehidupan, Pancasila lahir untuk menjadi kekuatan bangsa. Pancasila melindungi jiwa seluruh umat manusia dalam kehidupan bernegara dan berpemerintahan. Pancasila membentuk karakter budi pekerti yang luhur,” kata Pancasila. . Toni. .

Diperkirakan ada seribu peserta upacara peringatan Harlah Pancasila di blok Rokan, yang berasal dari unsur TNI, Polri, ASN, pekerja, dan mahasiswa Pertamina Hulu Rokan. Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga dijadwalkan hadir. Presiden MPR Bambang Soesatyo akan bertindak sebagai pembaca dokumen Pancasila.

Juru bicara DPR Puan Maharani bakal menjadi pembaca UU 1945, Direktur Gabungan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Upacara tersebut akan melibatkan Paskibraka tingkat nasional dan wilayah Riau. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *