Viral di Instagram, Sesar Besar Daratan Sumatra Disebut Bakal Picu Tsunami Tahun Ini

iaminkuwait.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menanggapi pemberitaan yang beredar di media sosial tentang adanya patahan daratan besar di Sumatera yang disebut mampu menimbulkan tsunami pada tahun ini. Sesar Besar Sumatera meluas ke seluruh daratan pulau.

Direktur Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Jakarta, Jumat, mengatakan informasi adanya patahan besar Sumatera yang berpotensi menimbulkan tsunami tersebar luas melalui video pendek di media sosial dengan nama akun @infobengkulu_, @fyibengkulu, dan Instagram. @doli. Hasibuan.35 Dijelaskannya, Sesar Besar Sumatera tidak memicu terjadinya tsunami seperti yang disebutkan dalam video viral tersebut.

Video berdurasi kurang dari 60 detik itu menampilkan peta geografis Pulau Sumatera dengan grafik garis vertikal berwarna merah di sebelah barat Pulau Sumatera. Video tersebut menjadi konsumsi publik dengan puluhan ribu penonton.

Daryono sangat menyayangkan informasi tersebut. Pasalnya, pengunggah video pertama mengaitkan patahan besar di daratan Sumatera sebagai sumber gempa dan mengaitkan kemungkinan terjadinya tsunami di pulau tersebut pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *