Capai Kinerja Positif Sepanjang 2023, MIND ID Catat Laba Bersih Rp 27,5 Triliun

iaminkuwait.com, JAKARTA — BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) menunjukkan pertumbuhan kinerja positif pada tahun 2023 Perluasan operasional bisnis yang proaktif memacu inovasi dengan prinsip ekonomi sirkular. Hal ini dapat memberikan nilai tambah dan pendapatan usaha yang lebih baik bagi perusahaan.

MIND ID menyelenggarakan Rapat Umum Tahunan (RUPST) tahun buku 2023 pada Senin (10/6/2024). Perusahaan meraup laba bersih Rp 27,5 triliun. Terdapat pertumbuhan sebesar 22,4 persen dari capaian tahun buku 2022 dan lebih besar 36,3 persen dibandingkan Rencana Aksi dan Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun 2023.

Realisasi EBITDA MIND ID mencapai Rp 40,3 triliun. Terdapat pertumbuhan sebesar 9,7 persen dibandingkan tahun anggaran 2022, dan lebih tinggi 58,7 persen dibandingkan total aset tahun 2023. RKAP MIND ID juga meningkat sebesar 13 persen year-on-year menjadi Rp 259,2 triliun diikuti peningkatan ekuitas lebih banyak. naik 18 persen per tahun menjadi Rp 129,6 triliun.

Pergi ke sisi operasi. MIND ID mempertahankan tingkat produksi sejumlah produk mineral untuk meningkatkan nilai tambah sumber daya mineral Indonesia mulai dari nikel, tembaga, timah, batu bara hingga emas dan perak. Direktur MIND ID, Hendi Prio Santoso mengatakan kinerja yang baik merupakan hasil komitmen MIND ID dan Wanachama Holding untuk terus mempertahankan kinerja baik. Hendi mengatakan, perseroan menerapkan beberapa rencana strategis pada tahun 2023 sehingga dapat mendorong penguatan kinerja keuangan yang baik.

“Keberhasilan ini merupakan sebuah keberhasilan bagi kami dan tentunya akan terus kami pertahankan, MIND ID mempunyai tanggung jawab dari pemerintah untuk dapat mengelola produk mineral Indonesia agar memberikan nilai tambah yang baik, sekaligus menjaga perusahaan. . pemerintah agar tetap prima, khususnya dalam mendukung berbagai program perekonomian pemerintah,” kata orang yang juga memimpin PGN dan Semen Indonesia itu dalam siaran persnya. 

Sepanjang Januari-Desember 2023, MIND ID memproduksi sedikitnya 41,90 juta ton batu bara, timah batangan 15.300 ton, dan aluminium 214.900 ton. Kemudian nikel 13,44 juta ton, feronikel 21.500 ton, bauksit 2,01 juta ton, dan emas 1,2 ton. Hendi mengatakan, situasi geografis dapat diatasi secara efektif oleh MIND ID dan seluruh anggota Holding. Upaya meredam dan mengantisipasi perubahan harga dan nilai tukar merupakan hal yang mendasar bagi perusahaan.

“Selanjutnya, perseroan mulai menjajaki perluasan pasar baru serta mempertahankan penguatan penetrasi pasar produk-produk yang sudah ada. Hal ini juga menjadi sisi positif bagi kami dalam meningkatkan penjualan dan produksi mineral Indonesia,” ujar Dirit MIND ID.

Hendi memastikan tujuan pelaksanaan proyek strategis nasional kelompok MIND ID (PSN) tercapai, termasuk unit delivery strategis yang tertuang dalam RKAP 2024. “Dalam pelaksanaan PSN ini, kami akan berhati-hati dalam melaksanakan berbagai hal. program percepatan sehingga dapat memberikan nilai sebesar-besarnya bagi perekonomian,” ujarnya.

RUPST ini juga melantik sejumlah nama baru di jajaran pengurus. Dua di antaranya, Fuad Bawazier terpilih menjadi komisaris dan Grace Natalia sebagai komisaris.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *