Mengapa AS Belum Bisa Mengirim Manusia ke Mars?

iaminkuwait.com, JAKARTA – Awal bulan ini, Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) mengumumkan pendanaan untuk roket revolusioner berenergi tinggi yang disebut Pulsed Plasma Rocket (PPR). Tujuannya agar roket tersebut mampu menyelesaikan misi berawak ke Mars hanya dalam waktu dua bulan setelah pembangunannya berhasil. 

“Ini berpotensi merevolusi eksplorasi luar angkasa,” kata NASA dalam pernyataannya seperti dikutip Business Insider, Rabu (29 Mei 2024).

Target waktu PPR adalah tujuh bulan lebih cepat dibandingkan teknologi saat ini dan akan mengurangi risiko dan biaya misi manusia ke Mars secara signifikan. Hal ini disediakan oleh Howe Industries, yang mengembangkan konsep tersebut.  

PPR hanyalah salah satu perkembangan terbaru dalam beberapa dekade perundingan AS mengenai pengiriman manusia ke Mars. Misalnya, pada awal tahun 1960-an, sebuah pesawat ruang angkasa bertenaga nuklir diusulkan untuk misi tersebut. Jauh sebelum NASA mendaratkan manusia pertama di bulan, Amerika Serikat telah menghabiskan banyak uang dan waktu untuk proposal misi berawak ke Mars, namun belum membuahkan hasil.  

Teknologi bukanlah satu-satunya penghalang. Politik juga memainkan peran besar. Di bawah ini adalah informasi sejarah yang menjelaskan mengapa Amerika Serikat tidak pernah mengirimkan misi ke Mars, meskipun AS telah mengirimkan lebih banyak robot ke planet tersebut dibandingkan negara lain.

1. Tahun 1950-an 

Pada tahun 1940-an dan 1950-an, tidak ada yang mengetahui apa yang mungkin terjadi di Mars. Wernher von Braun, pencipta roket V-2, adalah salah satu orang pertama yang secara serius menangani masalah ini, yang memaparkan rencana rinci pertama untuk mengirim manusia ke Planet Merah, namun itu hanyalah sebuah rencana.

2. Tahun 1960an

Pada akhir tahun 1950-an, Theodore Taylor, yang bekerja pada senjata nuklir di Los Alamos, dan ahli fisika teoretis Freeman Dyson memulai rencana ambisius untuk membangun pesawat ruang angkasa bertenaga nuklir yang disebut Proyek Orion. Namun, NASA khawatir salah satu dari ratusan bom yang dibutuhkan untuk menggerakkan roket tersebut akan meledak. 

Pada tahun 1963, band ini berjuang untuk mendapatkan lebih banyak dana.  Pada tahun yang sama, Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir ditandatangani, yang membatasi kemampuan tim untuk menguji kendaraan. Setahun kemudian proyek tersebut dibatalkan. 

3.1965

Pada tahun 1962, ilmuwan roket Jerman Ernst Stuhlinger, yang bekerja di NASA, meluncurkan proyek yang bertujuan untuk mengirim lima pesawat ruang angkasa berawak ke Planet Merah pada awal tahun 1980an.

Jadi pada tahun 1964, Laboratorium Propulsi Jet NASA meluncurkan wahana pertama yang terbang melewati Mars, Mariner 4. Gambar yang dikirim wahana tersebut kembali ke Bumi buram dan menunjukkan sebuah planet tandus dan terpencil, namun ini adalah foto pertama yang diambil dari dekat permukaan Mars.

4. Tahun 70an

NASA mendaratkan manusia pertama di Bulan pada tahun 1969 sebagai bagian dari program Apollo dan siap mengambil langkah besar berikutnya. Pada tahun yang sama, Presiden AS saat itu Richard Nixon mengumumkan pembentukan Satuan Tugas Luar Angkasa.

Badan tersebut merilis laporan yang mendukung tujuan penerbangan manusia ke Mars pada tahun 1982. Namun, Presiden Nixon mengabaikan laporan tersebut dan pada tahun 1969 memilih program Pesawat Ulang-alik, yang mencakup perjalanan ke Mars.  

Tahun 80an….

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *