Seperti Apa Rasanya Masuk ke Lubang Hitam? Simulasi NASA Ini Jawabannya

iaminkuwait.com, JAKARTA – Lubang hitam menjadi salah satu objek luar angkasa misterius yang berulang kali menarik perhatian banyak orang di Bumi. Faktanya, banyak orang mungkin bermimpi pergi ke lubang hitam dan menyelam ke dalamnya.

Meskipun saat ini tidak mungkin untuk masuk ke dalam lubang hitam, manusia dapat merasakan penyelaman lubang hitam secara online dengan simulasi yang dirilis oleh NASA. Simulasi yang sangat detail ini dapat diakses secara gratis melalui channel YouTube NASA Goddard pada link berikut: https://youtu.be/chhcwk4-esM?feature=shared.

Di awal video, penonton dibawa pada “flyby” di dekat lubang hitam super. Setelah itu, penonton akan menyusuri lubang hitam melewati cakrawala peristiwa atau point of no return.

Anda dapat menonton video simulasi ini sebagai video 360 derajat, dan Anda juga dapat menontonnya seperti video pendidikan biasa. Dalam mode video 360 derajat, pemirsa dapat menempatkan dirinya di tengah-tengah lubang hitam.

“Orang-orang selalu bertanya tentang hal ini, dan simulasi proses yang sulit dijelaskan ini membantu saya menghubungkan relativitas matematika dengan implikasi praktis di alam semesta nyata,” jelas Jeremy Schnittman, astronom NASA dan pencipta video lubang hitam. Rabu (5/8/2024).

Schintman menyatakan bahwa dia melakukan simulasi lubang hitam menggunakan dua skenario berbeda. Dalam kasus pertama, penonton tidak melewati cakrawala aksi dan kembali, dan dalam kasus kedua, penonton melintasi cakrawala aksi dan tidak tenggelam dalam apa pun.

Massa lubang hitam super yang digunakan dalam simulasi ini adalah 4,3 juta kali massa Matahari. Lubang hitam ini berukuran hampir sama dengan lubang hitam di pusat Galaksi Bima Sakti yang berisi Tata Surya dan Bumi. Sementara itu, cakrawala aktivitas lubang hitam berukuran sekitar 16 juta mil atau 25,75 juta kilometer.

Tidak menyenangkan…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *