Tarif Tinggi UE Picu Kekhawatiran Balasan Cina ke Industri Otomotif Eropa

iaminkuwait.com, BRUSSELS– Komisi Eropa pekan ini diperkirakan akan mengumumkan tarif yang akan dikenakan pada kendaraan listrik (EV) China. UE menerapkan tarif tersebut karena apa yang oleh industri otomotif Tiongkok disebut sebagai subsidi yang berlebihan.

Langkah UE kemungkinan akan memicu protes keras dan kemungkinan pembalasan dari Uni Beijing.

Kurang dari sebulan setelah Washington menaikkan tarif kendaraan listrik Tiongkok empat kali lipat hingga 100 persen, Brussels hampir pasti akan mengenakan tarif yang jauh lebih rendah terhadap impor dari pabrikan Tiongkok seperti BYD dan Geely, serta pabrikan Barat seperti Tesla, yang mengekspor mobil dari Tiongkok ke negara-negara lain. Eropa.

Hal ini terjadi ketika produsen mobil Eropa menghadapi tantangan masuknya kendaraan listrik berbiaya rendah dari pesaing mereka di Tiongkok. Namun, hanya ada sedikit dukungan terhadap tarif dari industri otomotif Tiongkok.

Produsen mobil Jerman, khususnya, sangat bergantung pada penjualan di Tiongkok – karena takut akan pembalasan dari Beijing – dan produsen mobil Eropa juga mengimpor kendaraan dari Tiongkok.

Namun Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen telah berulang kali mengatakan Eropa harus bertindak untuk mencegah Tiongkok membanjiri pasar blok tersebut dengan kendaraan listrik bersubsidi.

“Jika diprovokasi, respons dan dampak buruknya dapat mengarah pada perang dagang dengan konsekuensi yang menghancurkan bagi kawasan yang masih sangat bergantung pada rantai pasokan yang didominasi Tiongkok untuk mencapai tujuan iklimnya yang tinggi,” kata Will Roberts, kepala Rho Automotive Research. Menawarkan.

Tiongkok telah mengecam UE atas penyelidikan anti-subsidinya, mendesak kerja sama dan menekan masing-masing negara UE, namun belum sepenuhnya menjelaskan apa tanggapannya terhadap tarif tersebut.

Toyota, produsen mobil terbesar di dunia berdasarkan volume, telah berhenti menjual beberapa model, seperti halnya Mazda. Beijing telah meluncurkan penyelidikan anti-dumping terhadap sebagian besar impor brendi Perancis.

Negara ini juga mengeluarkan undang-undang pada bulan April untuk memperkuat kemampuannya dalam melakukan pembalasan jika Amerika Serikat atau UE mengenakan tarif terhadap ekspor dari negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut.

Pemberitahuan pengungkapan UE sebelumnya diterbitkan beberapa minggu sebelum batas waktu 4 Juli untuk menerapkan tindakan sementara. Namun, ketentuan tersebut dapat diterapkan secara retrospektif selama 90 hari sebelumnya.

Pihak yang berkepentingan mempunyai waktu tiga hari kerja untuk mengomentari keakuratan perhitungan Komisi. Investigasi akan berlanjut hingga akhir Oktober, ketika keputusan akan diambil untuk mengenakan bea tetap, biasanya selama lima tahun.

Tarif yang diusulkan akan berlaku kecuali pemerintah Uni Eropa menentang keras kebijakan tersebut. Hal ini memberikan waktu bagi kemungkinan kesepakatan antara Brussel dan Beijing. Para eksekutif Tiongkok berharap perundingan seperti itu akan meringankan dampaknya.

Analis memperkirakan tingkat suku bunga akan berkisar antara 10 dan 25 persen. Setiap tambahan pajak sebesar 10 persen di luar pajak 10 persen yang sudah ada akan merugikan importir kendaraan listrik Tiongkok ke UE sekitar $1 miliar, menurut data perdagangan tahun 2023.

Hal ini merupakan pukulan lain bagi sektor yang sedang berjuang dengan melambatnya permintaan dan jatuhnya harga rumah. Biaya tersebut akan meningkat tahun ini seiring dengan meluasnya ekspor kendaraan listrik Tiongkok ke Eropa.

Impor kendaraan listrik buatan Tiongkok didominasi oleh produsen mobil Barat Tesla, Renault, Dacia dan BMW. Namun Komisi memperkirakan pangsa penjualan kendaraan listrik merek Tiongkok di UE telah meningkat menjadi 8 persen dari kurang dari 1 persen pada tahun 2019 dan dapat mencapai 15 persen pada tahun 2025.

Dikatakan bahwa harga biasanya 20 persen lebih rendah dibandingkan model yang dibuat di UE. Model Tiongkok yang diekspor ke Eropa termasuk Atto 3 dari BYD, MG SAIC, dan Volvo Geely.

Peringatan Jerman

Para eksekutif puncak di BMW, Mercedes dan Volkswagen telah memperingatkan agar tidak mengenakan tarif pada kendaraan asal Tiongkok, dimana HSBC memperkirakan produsen mobil Jerman menghasilkan 20 hingga 23 persen keuntungan global mereka.

Di antara pemerintah Uni Eropa, Perancis mengatakan Eropa perlu mempertahankan diri terhadap subsidi produksi Tiongkok, sementara Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan dia tidak yakin akan perlunya mengenakan tarif.

Sementara itu, pasar terus bertumbuh seiring produsen mobil Eropa bekerja sama dengan produsen mobil Tiongkok untuk menghadirkan kendaraan listrik yang lebih murah dan lebih cepat ke pasar.

Produsen dan pemasok kendaraan listrik Tiongkok juga sudah mulai berinvestasi dalam produksi di Eropa, sehingga menghindari tarif. Para eksekutif produsen mobil tradisional di Eropa baru-baru ini mengatakan kepada Reuters bahwa tarif yang lebih ketat dapat mengurangi atau menghilangkan keunggulan biaya yang dimiliki produsen mobil Tiongkok untuk sementara waktu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *