Buah Zaitun, Si Kecil yang Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan

iaminkuwait.com, JAKARTA – Ahli gizi klinis Dr. Raissa Edwina Djuanda, M Gizi, Sp G K-AIFO menjelaskan manfaat buah zaitun bagi kesehatan. Menurut Raissa, buah zaitun mengandung antioksidan yang mampu mencegah dampak negatif radikal bebas terhadap kesehatan tubuh.

“Buah zaitun sendiri terkenal dengan kandungan antioksidan alami dan anti inflamasinya. Selain manfaat kecantikan dan kesehatan, ekstrak buahnya juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan kita sehari-hari,” ujarnya, Rabu (22/5/2024).

Cabang DKI Jakarta, anggota Persatuan Ahli Gizi Klinik Indonesia (PDGKI), mengatakan buah zaitun mengandung bahan aktif hidroksitirosol, antioksidan empat kali lebih kuat dari vitamin C, untuk melawan efek radikal bebas. Hydroxytyrosol juga memiliki efek yang baik pada pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Kehadiran bahan aktif ini membantu mempercepat penyerapan kalsium ke dalam tulang, kata Raissa.

Menurut Raissa, kandungan antioksidan pada buah zaitun juga baik untuk kesehatan jantung. Dalam hal ini, hidroksitirosol berperan sebagai pelindung sistem kardiovaskular.

Menurut hasil penelitian, hidroksitirosol juga memiliki efek antimikroba; dapat menghambat laju pertumbuhan bakteri pada manusia. Selain buah zaitun, antioksidan juga terdapat pada daun katuk, kemangi, ginseng, bunga kecombrang, bunga telang, ubi jalar, kunyit, jahe, jambu biji, mangga, pepaya, delima, dan stroberi. Raissa mengatakan, mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu meminimalisir dampak negatif radikal bebas terhadap kesehatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *