Teleskop Luar Angkasa James Webb Temukan Tiga Galaksi Paling Awal di Alam Semesta 

Jaringan Partai Republik sudah tua. 

Space News, Minggu (26 Mei 2024) Dalam gambar JWST, ketiga galaksi ini tampak seperti nebula merah berantakan yang memakan helium dan hidrogen di dekatnya. Selama jutaan tahun, unsur-unsur inilah yang mendukung galaksi-galaksi ini berkembang, mengubahnya menjadi elips dan spiral yang sering kita lihat di luar angkasa. 

“Ini tidak diragukan lagi merupakan gambar ‘formasi galaksi’ pertama yang pernah kami lihat,” kata penulis utama studi Kasper Elm Heintz, seorang astronom di DAWN, Denmark, dalam sebuah pernyataan. “Meskipun James Webb sebelumnya menunjukkan kepada kita galaksi-galaksi awal dalam tahap awal evolusi, di sini kita menyaksikan kelahiran mereka, menciptakan sistem bintang pertama di alam semesta.” 

Sekitar 400.000 tahun setelah Big Bang, alam semesta berakhir dalam kegelapan. Hal ini terjadi setelah ruang angkasa cukup dingin dari turbulensi dan panas sebelumnya untuk memungkinkan pembentukan atom hidrogen netral. 

Nebula ini terbentuk sekitar satu miliar tahun setelah Big Bang, ketika cahaya dari bintang generasi pertama memenuhi alam semesta. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa galaksi katai yang terbentuk selama beberapa ratus juta tahun pertama alam semesta memiliki pengaruh besar terhadap proses pemborosan nebula ini. 

“Ini adalah proses yang telah kami lihat sebelumnya dalam pengamatan kami,” kata rekan penulis studi Darach Watson dalam sebuah pernyataan universitas. “Galaksi-galaksi ini tampak seperti pulau-pulau bercahaya di lautan gas yang netral dan jernih,” tambah Hentz dalam pernyataan NASA. 

Warisan Si Kembar Tiga Luar Angkasa Bersinar

Mata inframerah JWST yang kuat mampu menangkap bagaimana cahaya dari tiga galaksi yang diamati diserap oleh reservoir gas hidrogen netral yang luas dan padat di sekitarnya. Hasilnya juga menunjukkan bahwa galaksi memberi makan dirinya sendiri dengan menghasilkan gas. 

Mereka memiliki begitu banyak gas sehingga Bima Sakti belum melahirkan bintang pertamanya. Agar bintang bisa lahir, sebagian gas purba harus terkumpul di kantong yang sangat padat, yang kemudian memicu pembentukan objek bintang. Mungkin diperlukan waktu jutaan tahun hingga bintang generasi pertama lahir di galaksi ini. 

Para astronom masih belum mengetahui bagaimana gas didistribusikan antara pusat galaksi dan sekitarnya, yang menampung lubang hitam supermasif. Pengamatan di masa depan tidak hanya akan membantu memecahkan teka-teki ini, tetapi juga mengungkap apakah reservoir gas galaksi seluruhnya terdiri dari hidrogen purba atau diselingi unsur-unsur yang lebih berat. 

“Ini adalah proses yang akan terus kami eksplorasi hingga, mudah-mudahan, kami dapat mengumpulkan lebih banyak teka-teki,” kata Gabriel Brammer, peneliti DAWN. 

Dia mengatakan penemuan ini melampaui tujuan misi utama JWST. Brammer mengatakan gambar dan data galaksi jauh ini belum tersedia sebelum JWST. 

“Juga, ketika kami pertama kali melihat datanya, kami sudah mengetahui dengan baik apa yang akan kami temukan, dan kami segera melakukan penemuan,” kata Brammer. 

Temuan ini dijelaskan dalam artikel yang diterbitkan di jurnal Science pada 23 Mei. 

Sumber:

Https://www.space.com/james-webb-space-telescope-galaxy-formation

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *