BI Pertahankan Suku Bunga, Rupiah Makin Lemas

iaminkuwait.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah pada Kamis (20/6/2024) ke Rp 16.400 per dolar AS. Para pengamat memperkirakan investor akan mengambil pendekatan wait and see terhadap kebijakan Federal Reserve ketika dolar menguat.

Rupiah melemah $65 atau 0,40% menjadi Rp16.430 pada penutupan perdagangan Kamis (20/6/2024), menurut Bloomberg. Namun, rupee sedikit menguat menjadi $16,365 per dolar pada perdagangan sebelumnya.

Profit Manager Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, banyak emosi yang mempengaruhi dirinya baik secara eksternal maupun internal. Dari sisi eksternal, dampak ini berasal dari ketidakpastian kebijakan moneter di negara-negara maju.

“Pedagang sedang menunggu sinyal kebijakan lebih lanjut dari pertemuan AS dan Bank of England (BoE), di mana suku bunga diperkirakan tidak berubah.” Selain BoE, investor juga akan mencermati bank sentral Swiss dan Norwegia. Kami akan mengamati keputusan suku bunga global pada hari Kamis,” kata Ibrahim, Kamis (20/6/2024).

Kemudian, sentimen eksternal lainnya – data pada Rabu (19/6/2024) menunjukkan inflasi Inggris kembali ke target 2% pada bulan Mei untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun, namun mengesampingkan penurunan suku bunga menjelang tekanan harga yang kuat. Pemilu bulan depan.

“Sebagian besar ekonom dalam jajak pendapat Reuters minggu lalu memperkirakan bank sentral akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan Agustus, namun pasar memperkirakan peluang penurunan suku bunga pada bulan Agustus hanya sebesar 30 persen dan memperkirakan langkah pertama kemungkinan akan dilakukan pada bulan September atau November. ” “Pasar mengharapkan penurunan sebesar 43 basis poin tahun ini.”

Di sisi lain, lanjut Ibrahim, Swiss National Bank diperkirakan akan menaikkan suku bunga kebijakan utama sebesar 25 bps untuk pertemuan kedua berturut-turut. Bank sentral Norwegia kemungkinan tidak akan mengubah suku bunga kebijakannya.

Sementara itu, pasar AS tutup pada hari Rabu, dan pada tingkat makro, investor mencari petunjuk baru tentang kapan Federal Reserve akan memulai periode pelonggaran kebijakan setelah bank sentral mengumumkan pada pekan lalu bahwa mereka akan menurunkan suku bunga, sebuah masalah. peringatan.

Sementara faktor domestik yang menjadi penyebab pelemahan rupiah adalah kebijakan moneter Bank Indonesia yang mempertahankan suku bunga di level 6,25%. Hal ini berdasarkan hasil Dewan Pengurus (RDG) BI yang diselenggarakan pada 19-20 Juni 2024.

“Keputusan ini konsisten dengan kebijakan moneter prostabilitas yang mencakup langkah-langkah aktif dan proaktif untuk memastikan inflasi mencapai target 2,5 plus minus 1% pada tahun 2024 dan 2025. Kebijakan ini diikuti dengan peningkatan transaksi mata uang. Stabilitas rupiah dan masuknya modal asing, kata Ibrahim.

Alasan menahan suku bunga adalah karena BI memperkirakan perekonomian global akan tumbuh lebih besar dari perkiraan sebelumnya menjadi 3,2% pada tahun 2024, lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya, dengan pertumbuhan yang lebih baik di India dan Tiongkok pada khususnya. Namun, di tengah prospek perekonomian global yang kuat, ketidakpastian di pasar keuangan global masih tetap tinggi.

Dengan pergerakan rupiah saat ini dan sentimen yang mempengaruhinya, maka rupiah masih akan melemah pada Jumat (21/6/2024).

“Untuk perdagangan besok, rupiah fluktuatif, namun dolar melemah di kisaran Rp 16.420 hingga Rp 16.500,” pungkas Ibrahim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *