Dokter RSCM Ungkap Beberapa Jenis Obat Ini Bikin Tulang Cepat Rapuh

iaminkuwait.com JAKARTA – Konsultan ortopedi Rumah Sakit Pusat Nasional Dr Chipto Mangunkusumo (RSCM) Kenkana mengatakan ada banyak obat yang jika digunakan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerapuhan tulang.

Dalam diskusi kesehatan online di Jakarta, Selasa (6/11/2024), dr Ifran Saleh SpOT (K) dari RSCM Kencana mengatakan steroid, obat penenang, dan kemoterapi dapat menyebabkan patah tulang jika digunakan dalam jangka waktu lama.

“Steroid, obat yang digunakan untuk asma, penderita gangguan sistem imun atau leukemia atau radang sendi karena radang sendi juga merupakan orang yang menggunakan obat penenang jika dapat menyebabkan pengeroposan tulang dalam jangka panjang atau obat-obatan. Yang satu lagi membuat tulang menjadi rapuh.” “Kemoterapi untuk kanker, tapi digunakan saat dia sedang menstruasi.”

Menurut dia, mereka yang rutin mengonsumsi obat tersebut sebaiknya menjalani tes kepadatan tulang dengan mesin bone densitometri (BMD) untuk mengetahui apakah ada penurunan kepadatan tulang.

Orang yang memakai steroid dan obat penenang disarankan untuk memeriksakan kepadatan tulangnya. Bila hasil pemeriksaan menunjukkan kepadatan tulang normal, maka tidak perlu dilakukan pemeriksaan ulang selama tidak ada keluhan.

Jika dari pemeriksaan terlihat kepadatan tulang mengalami penurunan… Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *