Penelitian Ungkap Pentingnya Ruang Terbuka Hijau bagi Kesehatan Paru-Paru Anak

iaminkuwait.com, JAKARTA – Penelitian menunjukkan paru-paru anak yang tinggal di lingkungan hijau memiliki kinerja lebih baik. Penelitian yang dilakukan oleh Barcelona Institute for Global Health (ISGlobal) ini mengamati data dari 35.000 anak di delapan negara Eropa yang berbeda, termasuk Denmark, Prancis, Italia, Lithuania, Norwegia, Belanda, Spanyol, dan Inggris.

Studi tersebut menemukan hubungan kuat antara paparan anak-anak terhadap ruang hijau dan peningkatan fungsi paru-paru, seperti dikutip situs berita Newswire, Selasa (23 Juli 2024). Anak-anak yang tinggal di lingkungan hijau memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik.

Sedangkan mereka yang tinggal jauh dari ruang hijau memiliki kapasitas paru-paru yang lebih kecil, dan seseorang hanya bisa menahannya sebentar setelah menarik napas dalam-dalam.

“Studi kami menunjukkan pentingnya mengintegrasikan ruang hijau ke dalam lingkungan perkotaan untuk meningkatkan kesehatan pernafasan, bahkan pada anak-anak,” kata Martina Reiheid, penulis utama studi tersebut.

Penulis penelitian mengatakan pemahaman tentang bagaimana ruang hijau mempengaruhi fungsi paru-paru masih belum lengkap, namun mereka memiliki beberapa teori.

“Kita tahu bahwa ruang hijau mengurangi polusi udara, yang pada gilirannya berdampak pada kesehatan pernapasan. “Selain itu, kami percaya bahwa ruang hijau dapat mempengaruhi perkembangan sistem kekebalan tubuh anak-anak dan mikrobiota yang bermanfaat, yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi fungsi paru-paru,” kata penulis pertama dan peneliti ISGlobal Amanda Fernandez.

Area hijau di dekat rumah termasuk area bermain yang mendorong aktivitas fisik selama tahap perkembangan paru-paru.

Meskipun anak-anak dari latar belakang sosial ekonomi yang berbeda memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik, dampaknya lebih kuat pada anak-anak dari strata sosial ekonomi yang lebih tinggi.

“Salah satu penjelasan yang mungkin untuk hal ini adalah bahwa rumah tangga dengan pendidikan atau pendapatan yang lebih tinggi memiliki ruang hijau yang lebih berkualitas, lebih aman, dan lebih terawat,” kata Fernandez.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *