Tantangan Sarjana ke Depan Makin Berat, Kampus Diminta Fasilitasi Magang Mahasiswanya

iaminkuwait.com, JAKARTA – Tantangan lulusan saat ini dan masa depan sangat berat, apalagi bayangan pengangguran. Untuk itu diharapkan universitas mampu menghadirkan kurikulum yang memenuhi kebutuhan pasar kerja dan memfasilitasi mahasiswanya untuk memperoleh kesempatan magang atau kerja praktek.

“Tantangan lulusan saat ini dan masa depan sangat kompleks. Mengutip data Badan Pusat Statistik, akan ada 9 juta pengangguran di Indonesia pada tahun 2022. Dari angka tersebut, 10 persen di antaranya adalah lulusan perguruan tinggi,” kata pemimpin tersebut. Kerja Kelompok Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LLDikti Wilayah III dalam siaran pers Adi Purnama, Senin (20/5/2024).

Hal itu disampaikannya saat memimpin acara pemanggilan 1.718 wisudawan Ph.D., M.Sc., B.Sc. dan B.Sc. Lebih jauh lagi, untuk mengatasi permasalahan ini, universitas, termasuk UPH, dapat memperkenalkan kurikulum yang memenuhi kebutuhan pasar kerja.

“Serta memudahkan mahasiswa mendapatkan kesempatan magang atau kerja praktek,” ujarnya.

Untuk memperingati wisuda semester ganjil, UPH mengadakan acara wisuda Tahun Akademik (TA) 2023/2024 pada tanggal 16 dan 17 Mei 2024 di Kampus UPH Lippo Village, Karawaci, Tangerang.

Dalam kesempatan itu, Rektor UPH Jonathan L. Parapak mengucapkan terima kasih kepada para wisudawan atas kiprahnya selama menempuh studi. Ia berharap lulusannya akan menjadi pemimpin masa depan yang membawa transformasi.

“Kami mengutus kalian untuk menjadi berkah, mengembangkan ilmu yang diperoleh, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara serta memberikan dampak positif,” ujarnya.

Pendiri Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) James T. Riat turut memberikan sambutan. Beliau sangat mengapresiasi prestasi dan kerja keras yang diraih selama menempuh studi. James juga berharap para alumni tetap terhubung dengan UPH dan komunitas alumni UPH.

“Saya berharap apa yang saya pelajari di UPH dapat diterapkan di berbagai bidang dan kehidupan. Saya berharap jati diri UPH tetap melekat pada kalian, dan kerohanian serta bakat tumbuh dan menjadi berkah bagi kita bangsa,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *