Ketika Influencer China Diuji Kualitasnya, Sayonara ‘Tukang Flexing’!

iaminkuwait.com, JAKARTA – Pemerintah China telah memblokir akun banyak influencer yang dikenal suka berbagi gaya hidup glamor. Pemblokiran ini terjadi setelah pemerintah meluncurkan kampanye untuk menindak iklan kekayaan online.

Akun Douya milik Wang Hongquan, pembuat konten yang memiliki lebih dari empat juta penonton dengan video yang menampilkan pakaian desainer, penerbangan pertama, dan perhiasan gioknya, tidak valid lagi. Sebuah “pesan kesalahan” yang muncul di TikTok versi China mengatakan akun Wang telah diblokir karena melanggar pedoman komunitas Douyin.

Pengawas internet Tiongkok meluncurkan kampanye Clear and Bright pada bulan April untuk menindak influencer yang menciptakan selebriti untuk memenuhi stereotip negatif dan dengan sengaja mempromosikan gaya hidup tidak sehat. Media pemerintah Tiongkok memberitakan bahwa video Wang menghilang dari Douyin pada Mei 2024, bersama dengan akun influencer lain yang suka memamerkan barang-barang mewahnya.

Suster Abalone, sosok sakti yang kerap memamerkan rumahnya yang indah dan kerap memakai kalung berlian dan mutiara, rupanya juga menjadi sasaran. Video tersebut tidak ditemukan di Bilibili, yang mirip dengan YouTube.

Com Young Master Bo, seorang profesional yang memfilmkan dirinya mengendarai Rolls-Royce dan membeli tas Hermes Birkin langka, juga menghilang di Douyin. Muncul pesan kesalahan di akunnya yang menyatakan dia telah melanggar peraturan perundang-undangan.

Douyin juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan mulai menangani “situasi panas” – yaitu video perselisihan medis dan rumah tangga yang dirancang untuk menarik pemirsa. “Douyin menghadirkan desainer untuk menuliskan kehidupan dan kualitas nyata,” kata pihak perusahaan, seperti dilansir Fashion United, Rabu (6/12/2024).

Memblokir akun influencer yang melenturkan konsisten dengan kisah sukses. Inisiatif ini, yang didukung oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping, bertujuan untuk mengurangi kesenjangan ekonomi di negara tersebut.

Untuk mendukung kesuksesan tradisional tersebut, pemerintah daerah juga membayar pajak yang besar kepada mereka yang memiliki pengaruh dalam streaming. Raja live streaming China, Viya, harus membayar denda sebesar US$204 juta atau Rp.

Presiden Tiongkok Xi Jinping pertama kali memperkenalkan konsep kemajuan pada pertemuan ke-10 Komite Sentral Urusan Keuangan dan Perekonomian pada Agustus 2021. Pada pertemuan tersebut, Xi mengaitkan kesejahteraan bersama dengan peningkatan pendapatan kelompok berpenghasilan rendah, dan mendorong keadilan. keseimbangan pembangunan daerah, dan pembangunan manusia. Hal ini mencakup kewajiban untuk mengelola kelebihan pendapatan secara tepat dan mendorong pendapatan masyarakat dan usaha agar kembali lebih banyak kepada masyarakat.

Meskipun penggunaan konsep kemakmuran bersama oleh Xi sendiri merupakan hal yang baru, istilah yang sama telah digunakan oleh para pemimpin Tiongkok sebelumnya dalam konteks yang berbeda, termasuk Mao Zedong pada tahun 1950an dan Deng Xiaoping pada tahun 1980an. Ketika Deng mempromosikan kebijakan reformasi dan keterbukaan, ia berkata, “membiarkan sebagian petani menjadi kaya terlebih dahulu adalah kebijakan yang valid untuk mencapai kemajuan.”

Kampanye yang jelas dan cerah

Diposting oleh China Media Project, kata Clear and Bright diperkenalkan pada awal Juli 2022. Kampanye ini dirancang untuk menyasar 10 kelompok konten media sosial, termasuk film pendek dan platform streaming.

Clear and Bright didedikasikan untuk memecahkan masalah dan kebingungan di Internet terkait anak-anak, termasuk masalah privasi. Kompetisi ini diumumkan oleh berbagai lembaga dan kementerian, antara lain China Cyberspace Administration (CAC), China Ministry of Education and Youth (CCYL).

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh kantor berita Xinhua mencantumkan 10 poin penting untuk tindakan pemerintah di seluruh negeri. Ini termasuk privasi pribadi, serangan dan penghinaan pribadi, serta penindasan maya. Laporan tersebut juga menyebutkan penggunaan gambar anak-anak, termasuk pengajaran tentang seks, untuk menarik bisnis online.

Namun, proyek media Tiongkok dengan jelas dan cemerlang tidak hanya bertujuan untuk melindungi keselamatan generasi muda. Lembaga pemikir yang berbasis di AS ini melihat Clear and Bright sebagai upaya pemerintah Tiongkok untuk mengontrol konten dan informasi agar tetap sejalan dengan kepemimpinan.

Proyek media Tiongkok mendasarkan pendapatnya pada pernyataan ketua CAC, Zhang Yong, yang mengatakan bahwa kampanye ini diluncurkan untuk mengontrol ketertiban informasi di Internet. “Tahun ini adalah tahun Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok ke-20 dan lingkungan komunikasi Internet yang bersih dan jernih, serta penuh energi positif, berfungsi sebagai kebutuhan kerja Partai Komunis Tiongkok dan pemerintah. Semua secara keseluruhan, ini juga yang dinanti-nantikan oleh sebagian besar pengguna internet, kata Zhang saat pertama kali memperkenalkan konsep bersih dan cerah pada tahun 2022.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *