Hari Pendidikan, Nadiem Titip Pesan Lanjutkan Semangat Merdeka Belajar

iaminkuwait.com, JAKARTA — Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadeem Anwar Makaram berpesan kepada seluruh pihak di dunia pendidikan untuk terus melanjutkan semangat gerakan pendidikan gratis.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Kita rayakan kemerdekaan pendidikan,” kata Nadeem pada perayaan Hari Pendidikan Nasional 2024 di Jakarta, Kamis (2/5/2024). Mari kita terus bekerja sama untuk menghidupkan kembali dan mempertahankan gerakan ini.”

Nadim mengatakan Merdeka Belajar, gerakan perubahan pendidikan di Indonesia, telah berjuang keras selama lima tahun terakhir.  

Ia tidak memungkiri, ketika gerakan pertama kali dimulai, sebagian masyarakat merasa tidak nyaman karena mengubah sistem yang begitu besar dan mengubah cara pandang terhadap proses pendidikan.

Ia menegaskan, harus ada perubahan dalam sistem pendidikan suatu negara, karena ketidakamanan merupakan bencana yang biasanya mengikuti setiap langkah menuju kemajuan dan pembangunan.  

Menurutnya, wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia muncul berkat gerakan Merdeka Belajar, karena banyak anak Indonesia yang berani bermimpi dan guru yang berani menemukan hal baru.  

“Lima tahun bukanlah waktu yang singkat untuk memimpin gerakan pendidikan mandiri,” katanya, “Kita bergerak ke arah yang benar, namun pekerjaan kita belum selesai.”

Namun Nadeem menekankan, apapun yang terjadi harus terus berlanjut sebagai gerakan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah impian ini sebagai perjalanan menuju kenyataan.

Di penghujung masa jabatan Nadeem sebagai menteri, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama meneruskan rangkaian gerakan kebebasan pendidikan.

“Dengan penuh harapan, Saya Merdeka Belajar kepada kalian semua, para pembuat perubahan yang pantang menyerah untuk memenangkan masa depan Indonesia,” kata Nadim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *