Soal Kabar Dirinya Bakal Diganti Bahlil, Menteri ESDM Bilang Begini

iaminkuwait.com, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif angkat bicara soal permasalahan terkini terkait jabatannya. Ia dikabarkan akan digantikan oleh Bahlil Lahadalia. Bahlil sendiri masih menjabat sebagai Menteri Investasi/Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (ICBC). Presiden Joko Widodo berpeluang melakukan perombakan kabinet hingga akhir masa jabatannya. Arifin enggan menjawab tegas.

“Iya tunggu dulu,” kata pria berusia 71 tahun itu dalam jumpa pers, Selasa (30/07/2024).

Ia masih menyempatkan diri bercanda dengan para jurnalis yang mengelilinginya.

“Kalau benar (kebingungan), lalu apa?” canda Arifin saat didesak klarifikasi lebih lanjut.

Dia kemudian diminta menjawab. “Mudah-mudahan sehat-sehat saja, Insya Allah,” kata Arifin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi, Pelayanan Informasi Publik, dan Kerja Sama KESDM Agus Cahyono mengaku belum mengetahui menahu soal pergantian menteri biasa. Berita ini baru-baru ini menyebar. “Kami belum punya informasinya. Istana menolaknya,” kata Agus Cahyono melalui pesan singkat yang dikirim, Selasa (30/7/2024).

Castle menanyakan hal yang sama. Ari Dwipayana, Koordinator Staf Khusus Presiden, membantah ada beberapa menteri baru yang dilantik di Ibu Kota Kepulauan (IKN) Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat ini kantor Presiden Jokowi berada di IKN.

“Belum ada rencana/agenda reshuffle kabinet,” kata Ari dalam pesan singkatnya sejauh ini.

Presiden Jokowi melanjutkan hari keduanya di Istana Garuda, Kalimantan Timur, ibu kota nusantara. Agenda Presiden pada Selasa ini antara lain menyambut para pengusaha lokal di sekitar IKN, khususnya Istana Garuda, sekitar pukul 09.30 Wita.

“Presiden ingin mengajak para pengusaha lokal di sekitar IKN dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berpartisipasi dan bersama-sama menciptakan masa depan IKN,” kata Yusuf Permana, Sekretaris Protokol, Juru Bicara dan Juru Bicara Sekretariat Presiden (28/07/2024). .

Perusahaan-perusahaan lokal tersebut antara lain Kadin Provinsi Kalimantan Timur, Kadin Daerah Balikpapan, Kadin Daerah Samarinda, Kadin Daerah Penajam Paser Utara, Hipmi Provinsi Kalimantan Timur, Hipmi Balikpapan, Hipmi Samarinda, dan Hipmi Penajam Paser Utara.

Usai merekrut pengusaha lokal, Jokowi terus merekrut personel keamanan dari unsur TNI dan Polri. “Bapak Presiden ingin ibu kota nusantara menjadi ibu kota yang aman dan bebas kejahatan,” ujarnya.

Pengurus IKN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta beberapa pemangku kepentingan lainnya fokus mempersiapkan Ruang Pemerintahan IKN untuk momen bersejarah ke depan. Salah satunya terkait perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-79 yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *