Hal Sepele yang Ternyata Bisa Tularkan Hepatitis, Cegah Sebelum Terlambat

iaminkuwait.com, JAKARTA — Hepatitis, penyakit yang menyerang hati, sering dianggap remeh. Padahal, virus penyebab hepatitis bisa menyebar melalui berbagai cara, mulai dari aktivitas sehari-hari hingga kontak dengan susu yang seringkali dianggap kecil.

Pakar kesehatan dr Ihsan Panji Santico, Sp.PD mengatakan, virus hepatitis bisa menyerang dengan berbagai cara, mulai dari rasa malas, berjabat tangan, hingga mengikuti orang lain. “Saat bepergian, kita suka menyentuh benda-benda di sekitar kita. Kalau ada yang sudah pernah terpapar virus dan memegang benda yang sama, maka dia juga bisa menularkan virus hepatitis,” kata Ihsan dan diskusi online dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Waktu yang lalu.

Oleh karena itu, Ihsan mengingatkan masyarakat untuk tidak malas mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri. Hanya karena tangan bersih bukan berarti benar-benar bersih dan tidak ada kuman dan bakteri yang menempel di dalamnya.

Selain itu, penyakit hepatitis juga disebabkan oleh makanan dan minuman yang terkontaminasi virus hepatitis. Jenis hepatitis yang paling sering ditularkan melalui cara ini adalah hepatitis A dan E.

Ihsan meminta masyarakat tidak berbagi makanan dan minuman dengan siapa pun. Karena air dapat menempel pada minuman dan makanan, sehingga berisiko menyebarkan virus hepatitis.

Hepatitis juga bisa menular melalui cara lain, yaitu darah manusia. Oleh karena itu pengguna narkoba suntik berisiko tertular virus ini.

Berbagi jarum suntik dengan orang lain dapat meninggalkan darah di alat tersebut. Itu bisa menyebarkan virus ke orang lain.

“Hepatitis bisa menular melalui transfusi darah dan penggunaan jarum suntik secara bersamaan. “Tidak hanya itu, hepatitis juga bisa menular secara seksual,” kata Ihsan. Ia juga menjelaskan, penyakit hepatitis bisa menular melalui hubungan seksual jika seseorang sering berganti pasangan dan tidak menggunakan alat pelindung diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *