PKT Genjot Inovasi Lingkungan Berbasis Pemberdayaan

iaminkuwait.com, JAKARTA – PT Pupuk Kalimantan Te Tim Mur (Pupuk Kaltim) atau PKT berkomitmen mendukung pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui inovasi sosial untuk pemberdayaan masyarakat. Vice President TGL Popuk Kaltim Sugeng Suedi mengatakan, ada inovasi Program Pertanian Kompos Terpadu Babadan Inovatif dan Sejahtera (PKT BISA) untuk mencapai ekonomi sirkular di bidang pertanian guna meningkatkan kualitas lahan. Kesejahteraan

Sugeng dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (7/9/) mengatakan, program Agro Solutions Project yang dilaksanakan di Dusun Babadan, Desa Kepuhu Rejo, Kecamatan Tekeran, Kabupaten Magetan, Pupu Kaltim. 2024).

Sugeng mengatakan masyarakat mempunyai permasalahan yang hampir sama dengan petani pada umumnya, seperti terkait kesehatan tanah yang mempengaruhi hasil panen. Lanjut Sugeng melalui program PKT BISA, Pupuk Kaltim membantu petani kembali meningkatkan daya dukung lahannya dengan mendorong penggunaan kompos untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia yang berlebihan.

Dari sini, petani dapat memaksimalkan potensi hasil pertanian dengan menerapkan pengelolaan lahan yang lebih ramah lingkungan, kata Sugeng.

Sugeng mengatakan, Dusun Babadan memiliki limbah peternakan sapi dan kambing yang meresahkan masyarakat karena tidak diolah dengan baik. PKT BISA menggali potensi tersebut dengan mengolah limbah peternakan menjadi kompos menggunakan bioaktivator yaitu Biodex produksi Pupu Caltim.

Sugong melanjutkan, masyarakat Babadan dibekali dengan keterampilan mengolah kompos dari limbah peternakan sejak dini dan pada akhirnya mampu menghasilkan kompos yang bernilai tinggi.

Lambat laun, lanjut Sugeng, kondisi lahan pertanian Dusun Babadan yang bertekstur berpasir dan kurang produktif mulai kembali berubah. Dengan demikian, lahan pertanian produktif seluas hingga 40 hektar dapat ditanami pisang, padi, dan jagung secara memadai.

Potensi pengomposan melalui unit usaha masyarakat juga dikembangkan agar memberikan dampak yang lebih besar terhadap kesejahteraan petani, kata Sugeng.

Sugeng bersyukur mendapat pengakuan inovatif tersebut melalui Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) 2024 kategori Pemberdayaan Sosial Vietnam. Sugeng mengatakan, hal tersebut merupakan komitmen Pupu Caltim untuk terus berkontribusi terhadap lingkungan dan terus menerus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai inisiatif.

Sugeng mengatakan, PKT BISA diharapkan bisa menjadi pilot project yang bisa diterapkan di tempat lain, sehingga semakin menambah penerima manfaat program tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *