NASA Batalkan Proyek Pencarian Es di Kutub Selatan Bulan

iaminkuwait.com, WASHINGTON – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) membatalkan proyek Volatile Investigating Polar Exploration Rover (VIPER). Tujuan dari proyek ini adalah untuk menemukan es yang dapat digunakan di sekitar kutub selatan Bulan yang dapat digunakan oleh astronot Amerika.

“Ini adalah keputusan yang sulit karena keterbatasan anggaran,” kata Nicola Fox, wakil administrator Direktorat Misi Sains NASA, kepada wartawan, Rabu (17 Juli 2024).

“Itu adalah keputusan yang sangat sulit yang kami buat dengan anggaran yang sulit. VIPER dirancang untuk menemukan es dan kami tahu betapa pentingnya hal itu,” kata Fox.

NASA menyebut kenaikan biaya, penundaan tanggal peluncuran, dan risiko kenaikan biaya di masa depan sebagai alasan pembatalan misi. Penjelajah ini awalnya dijadwalkan untuk diluncurkan pada akhir tahun 2023, tetapi pada tahun 2022 NASA meminta penundaan peluncuran hingga akhir tahun 2024 untuk memberikan lebih banyak waktu untuk menguji astrobotik pendarat sebelum penerbangan.

“Sejak itu, penundaan jadwal dan rantai pasokan telah mendorong tanggal kesiapan VIPER menjadi September 2025, dan secara independen, peluncuran penjelajah Griffin Astrobotic oleh CLPS (Commercial Lunar Payload Services) juga telah ditunda pada waktu yang sama,” kata NASA dalam siaran persnya. pernyataan.

Badan antariksa tersebut juga mengatakan telah memberi tahu Kongres tentang keputusannya untuk membatalkan proyek VIPER. Misi VIPER dianggap sebagai persiapan penting untuk proyek Artemis NASA yang telah berjalan lama dan semakin tertunda, yang bertujuan untuk mengembalikan astronot AS ke permukaan bulan untuk pertama kalinya sejak tahun 1972 pada akhir dekade ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *