Apa bedanya ‘Tanggal Kedaluwarsa’ dan ‘Tanggal Baik Sebelum’?

iaminkuwait.com, JAKARTA – Makanan kemasan biasanya dicantumkan tanggal ‘best before’ dan ‘tanggal kadaluwarsa’ pada labelnya. Dalam kebanyakan kasus, paket makanan yang telah melewati tanggal ‘best before’ akan dibuang. Makanan yang sudah melewati tanggal kadaluarsa pasti akan dibuang ke tempat sampah.

Pernah bertanya-tanya apa perbedaan antara tanggal ‘terbaik sebelum’ dan ‘kedaluwarsa’? Secara umum, ‘best before’ menunjukkan bahwa kualitas, rasa atau kesegaran makanan mungkin tidak sama setelah tanggal yang ditentukan, sedangkan tanggal kadaluarsa menyatakan bahwa makanan tersebut tidak lagi aman untuk digunakan.

Saat membeli dan mengonsumsi makanan kemasan, yang paling penting adalah membaca label untuk mengetahui jenis bahan yang dikandungnya dan apakah aman digunakan pada tanggal tertentu.

Makanan tertentu lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri setelah waktu dan tanggal kedaluwarsa tertentu untuk membantu orang memahami kapan makanan tersebut tidak aman.

Tanggal ‘Terbaik sebelum’

Dilansir Hindustan Times, Sabtu (1/6/2024), Saat membeli produk makanan, selalu periksa tanggal pembuatan, tanggal penggunaan, dan tanggal kadaluwarsa. Ketiganya tentu mempunyai arti yang berbeda.

Tanggal pembuatan menunjukkan tanggal pembuatan dan pengemasan. Sedangkan tanggal terbaik sebelum mengacu pada tanggal hingga makanan tersebut terbaik untuk dikonsumsi.

Jika makanan…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *