Timnas Indonesia U-23 Harus Andalkan Kolektivitas

iaminkuwait.com, PARIS – Pengamat sepak bola Indonesia Mohammad Kusnaeni mengatakan timnas U-23 Indonesia atau Garuda Muda harus lebih banyak memainkan tim untuk mendominasi pertandingan saat menghadapi timnas U-23 Guinea.

“Penting sekali menekankan permainan kolektif Garuda Muda. Kurangi permainan individu karena akan lebih mudah meredam serangan Guinea,” kata pengamat bernama Bung Kusi saat dihubungi melalui telepon di Jakarta, Kamis (5/9). /2024). 

Ia mengatakan, calon lawan Garuda Muda, Guinea, tidak terlalu istimewa dari segi permainan karena masih belum melihat organisasi permainan yang rapi dan kerja sama tim yang kurang baik.

Namun secara individu, beberapa pemain Guinea mempunyai kualitas yang cukup baik. Selain itu, fisik mereka kuat dan rata-rata lebih tinggi dari pemain Garuda Muda.

Kusnaeni mengatakan para pemain Guinea akan mengandalkan kemampuan individunya untuk membongkar pertahanan Garuda Muda. Mereka memaksakan duel dan berani menembak dari posisi yang mungkin tidak ideal.

Karena itulah, menurutnya, anak-anak pelatih Shin Tae-yong harus bermain percaya diri dengan kolektivitas dan kerja sama tim.

Tingkatkan permainan kolektif. Kerja sama satu-dua sentuhan dan kombinasi di sepertiga akhir pertahanan lawan, ujarnya.

Ia mengatakan Marcelino Ferdinandi dan rekan satu timnya menguji permainan kolektif mereka dan mengalahkan lawan kuat di Piala Asia U-23 di Qatar.

Lebih lanjut, menurut Kusnaen, penyelesaian akhir, selain kolektivitas, masih menjadi persoalan klasik yang harus diselesaikan. Kesimpulannya, persoalan ini bukan hanya mengenai kelompok umur saja, tapi juga mengenai level senior, ujarnya.

Permainan cepat dan kombinasi satu-dua, kata dia, cukup efektif membongkar pertahanan lawan, sehingga tergantung bagaimana starter Garuda Muda menyelesaikannya.

Garuda Muda akan bertanding melawan wakil Guinea-Afrika pada perebutan tiket Olimpiade Paris 2024 pada laga kualifikasi yang akan dimainkan di Clairefontaine, Prancis pada Kamis (9/5/2025) pukul 20:00 WIB.

Guinea berada di peringkat ke-4 Piala Afrika U-23 2023 menurut pemeringkatan FIFA April 2024, Guinea di peringkat ke-76 dengan 1.324,65 poin, sedangkan Indonesia di peringkat 134 dengan 1.102,7 poin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *