Bayer Leverkusen Menyongsong Kejayaan tanpa Cela di Sepak Bola Eropa

iaminkuwait.com, JAKARTA – Bayer Leverkusen tinggal dua pertandingan lagi untuk meraih kejayaan tak bercacat di sepakbola Eropa. Juara baru Jerman itu akan bermain di dua final piala dalam tiga hari, pertama melawan Atalanta di Liga Europa, Kamis (23/5/2024) dini hari di Indonesia bagian barat, dan kemudian melawan Kaiserslautern di Piala Jerman (DFB Pokal) .

Leverkusen akan difavoritkan menjuarai Piala Jerman melawan tim yang finis di peringkat 13 divisi dua, tak jauh dari zona degradasi. Jadi tantangan terbesar yang tersisa bagi tim asuhan Xavi Alonso dalam membuat sejarah adalah pertandingan ke-52 mereka musim ini di Dublin Arena, Irlandia, melawan Atalanta yang mengakhiri musim dengan baik.

Tampaknya cocok karena Liga Europa terus menjadi drama bagi Leverkusen. Tiga kali dalam enam pertandingan babak sistem gugur, Leverkusen juga tertinggal 2-0 di babak kedua dan masih tertinggal di perpanjangan waktu. Hal itu terjadi pada babak 16 besar melawan Karabakh dan pada laga kedua semifinal melawan Roma.

“Kepercayaan diri kami masih mendorong kami,” kata Alonso, Selasa. “Saya pikir kepercayaan diri penting bagi pemikiran kami.

Dalam pertandingan Eropa yang memecahkan rekor lainnya, De Werksalv membutuhkan gol pada menit ke-89 dari bek sayap Jeremy Frimpong untuk menyamakan skor menjadi 1:1 dan tetap tak terkalahkan.

“Kami tidak ingin menunggu hingga detik-detik terakhir pertandingan. Kami ingin memperjelasnya sejak awal,” kata Patrik Schick, yang tiga golnya di masa tambahan waktu melawan Carbag pada bulan Maret menjadi kunci keunggulan agregat 5-4.  

Bek Atalanta Brett DeGemsti mengaku motivasinya meningkat seiring upayanya menjadi tim yang mengalahkan Leverkusen musim ini. “Mereka telah mencapai beberapa hal luar biasa musim ini,” kata Gemsti.

Ada komentar tidak langsung mengenai kiprah Leverkusen di Eropa karena hanya bermain di kompetisi “tier kedua”. Namun Manchester United pada tahun 1999, Inter Milan pada tahun 2010, Barcelona pada tahun 2011 dan Manchester City tahun lalu juga kalah dalam beberapa pertandingan sebelum mencetak treble. Masing-masing memulai musim mereka dengan skuad bertabur bintang yang dipimpin oleh manajer kelas atas seperti Alex Ferguson, Jose Mourinho dan Pep Guardiola – yang telah memenangkan banyak trofi domestik dan Eropa.

Berbeda dengan Leverkusen, ini merupakan latihan pertama Alonso sepanjang musim di level tertinggi. Timnya mengalami masalah degradasi musim lalu. Di musim panas tidak ada transfer untuk para bintang. Namun situasi ini tidak menghalangi Berkusen untuk mengukir sejarah.

“Saya sangat menikmatinya,” kata Alonso yang berusia 42 tahun. “Energi di ruang ganti luar biasa dan mentalitas yang mereka tunjukkan sepanjang tahun juga luar biasa.”

 

Alonso dua kali..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *