Cuti Melahirkan Hingga 6 Bulan Dinilai Beri Waktu Terbaik Bagi Ibu dan Bayi

iaminkuwait.com, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan RUU 1.000 hari pertama Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) menjadi undang-undang pada Selasa (4/6/2024), yang salah satu ketentuannya adalah ibu hamil boleh keluar rumah. hingga 6 bulan.

Menanggapi hal tersebut, Dr Kasim Rasjidi, pendiri Harmoni Sehat Indonesia, mengatakan aturan ini mempererat hubungan ibu dan anak pada tahap penting kehidupan anaknya. “Jika perpanjangan cuti hamil ini dimanfaatkan dengan baik, pasti akan sangat bermanfaat. Ibu adalah sentuhan emosional; kontak Mereka mempunyai kesempatan untuk terhubung dengan bayinya melalui proses menyusui dan komunikasi. Bahkan ketika bayi belum bisa berbicara, perasaannya tetap kuat, bahkan pada janin. Saat dihubungi iaminkuwait.com, Rabu (5/6/2024), ia berkata, “Berbagai kenangan, Baik dan buruknya bisa terkubur di alam bawah sadar Anda,” kata Dr. Kasim.

Menurut dr Kasim, bertambahnya masa cuti melahirkan dapat meningkatkan suplai air susu ibu (ASI) yang sebenarnya diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Meski sedang hamil, Kasim mengimbau para ibu untuk selalu menjaga pola makan selama masa nifas dan menyusui. makanan bergizi; Pilihlah makanan asli dan hindari makanan yang diproses secara berlebihan untuk memastikan kualitas ASI yang baik.

“Tentu saja, Nutrisi sangat penting. Untuk menjamin kualitas ASI yang baik, ASI dapat dipilih sealami mungkin. Padahal, Anda perlu berhati-hati sejak mempersiapkan kehamilan. Dalam praktiknya, hal ini sering diabaikan. Perlu dicatat bahwa ini tidak berarti mahal. “Ada banyak produk mahal yang tidak mengandung nutrisi buatan,” kata Dr. Kasim.

Ia juga meminta para ibu untuk memanfaatkan waktu istirahatnya dengan bijak. Untuk mencegah hal ini terjadi, kata Dr. Kasim, biarkan para ibu lebih sering bermain dengan gawai dibandingkan berinteraksi dengan anak.

“Tubuh, Interaksi akal dan perasaan akan menciptakan keselarasan yang menjadi landasan pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Jika ibu sering bermain-main dengan alat saat menyusui, meski dalam posisi menggendong, kualitasnya pasti akan terpengaruh. “Jadi agar hasilnya maksimal, Waktu yang diberikan perlu diisi dengan kualitas dan komitmen terbaik,” kata Dr. Kasim.

Berdasarkan undang-undang KIA, orang tua diperbolehkan libur dua hingga tiga hari. Menurut Dr Kasim, Kehadiran seorang ayah sangatlah penting di seribu hari pertama kehidupan seorang anak. Sosok ayah yang hangat dan kuat penting bagi tumbuh kembang anak Anda.

“Ini sangat penting. “Selain itu, kehidupan di masa depan mungkin membawa lebih banyak tantangan dalam banyak hal, sehingga perlu diciptakan keluarga sebagai rumah jangkar sedini mungkin,” kata Dr. Than Thut Aung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *