Belanda Menang Dramatis atas Polandia di Laga Perdana Grup D

iaminkuwait.com, JAKARTA — Belanda membuka laga Grup D dengan kemenangan 2-1 atas Polandia pada laga pembuka Kejuaraan Eropa 2024 di Volksparkstadion. Hamburg, Minggu (16/6/2024) Malam: Polandia memimpin melalui Adam Bucsa sebelum Oranje membalikkan keadaan melalui dua gol Cody Gakpo dan Vout Weg.

Kemenangan tersebut membuat Belanda berada di puncak klasemen Grup D dengan tiga poin, sedangkan Polandia di posisi terbawah. Melansir laman resmi UEFA, dua tim lainnya di Grup D, Prancis dan Austria, akan saling berhadapan pada Selasa (18/6) dini hari WIB.

Belanda langsung mengancam setelah dua menit permainan, Cody Gakpo menerima bola di sayap kiri dan melepaskan tembakan, yang berhasil diselamatkan oleh kiper Polandia Wojciech Szczesny.

Pada menit ke-9, Belanda mendapat peluang bagus: umpan Jerdy Schouten disambut Tijjani Reijnders, namun upaya pemain Indonesia itu masih melenceng tipis ke kanan gawang.

Belanda mendominasi penguasaan bola dan terus memberikan tekanan besar ke pertahanan tim Polandia. Belanda kembali memberikan ancaman pada menit ke-14, kali ini tembakan Xabi Simons dari kanan, namun bola masih melebar ke kiri gawang.

Polandia memimpin pada menit ke-16, dimulai dengan tendangan sudut di dalam kotak penalti. Meski dibayangi Virgil van Dijk dan Denzel Dumfries, Polandia 1-0 Belanda.

Belanda terus menekan, Van Dijk mendapat peluang emas saat tendangan volinya berhasil diblok Szczesny.

Belanda gagal memanfaatkan peluang lain belakangan ini. Bola memantul dari kaki Simons dan membentur Memphis. Depay melakukan tangkapan di kotak penalti, namun bola masih melambung.

Belanda akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-29 saat tembakan Kakpo dari depan kotak penalti membentur Bartosz Salomon, sehingga membuat Szczesny tidak bisa bergerak.

Polandia mencoba membalas pada menit ke-32 melalui tembakan Jakub Givior yang bisa diblok kiper Belanda Bart Verbruggen. Babak pertama berakhir imbang 1-1.

Kedua tim tampil terbuka di babak kedua. Belanda terus memberikan tekanan kepada Polandia melalui serangan Depay dan Simmons. Namun kedua upaya tersebut gagal.

Polandia kembali mengancam pada menit ke-58, upaya Jakub Kiwior dan Piotr Zielinski gagal menaklukkan kiper Bart Verbruggen.

Pelatih Belanda Ronald Koeman melakukan beberapa pergantian pemain. Salah satunya melibatkan Wout Weghorst.

Perubahan itu telah membuahkan hasil. Belanda mengubah skor menjadi 2-1 pada menit ke-83 saat umpan Nathan Ake dari kiri disambut Wout Weghorst yang meleset dari sasaran, melepaskan tembakan lebih dulu ke sudut kiri gawang.

Polandia kesulitan mencapainya, pada menit ke-89 tembakan kiper Karol Swiderski bisa diblok.

Tidak ada gol yang tercipta di sisa pertandingan. Belanda memenangi laga pertama Piala Eropa 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *