KAI Sediakan Produk UMKM Binaan BNI di Kereta

iaminkuwait.com, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menggandeng anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yakni PT Reska Multi Usaha atau KAI Services. Kemitraan ini bertujuan untuk memberdayakan usaha kecil dan menengah yang menyediakan pangan lokal atau pangan untuk perkeretaapian. 

Safri Hidayat, Kepala Departemen Perbankan BNI, mengatakan BNI Xpora, lingkungan ekspor UMKM BNI, berkomitmen memperluas pasar bagi usaha kecil dan menengah yang dikembangkan di dalam dan luar negeri.  “BNI Xpora senang dapat bermitra dengan KAI Service, menyediakan produk bagi pelaku usaha kecil dan menengah yang dapat dijual dengan kereta api,” kata Safri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (17/07/2024).

Safri yakin kemitraan ini bisa bersifat jangka panjang dan semakin banyak produk UMKM berkemampuan BNI Xpora yang bisa dibeli melalui perkeretaapian. Safri mengatakan, BNI akan mendukung 11 produk UMKM mulai dari tempe renyah, rambak pisang, hingga permen jahe yang akan ditawarkan untuk pelatihan pengguna. 

“UMKM pengolahan pangan lokal sangat senang hasil produksinya bisa dijual dengan kereta api. Mereka bersyukur dan senang diberikan kesempatan yang sama untuk memasarkan dengan kereta api,” kata Safri. 

Direktur Bisnis Konsumer KAI Lies Permana Lestari mengatakan, kerja sama dengan BNI Xpora merupakan salah satu upaya untuk mendukung layanan KAI kepada UMKM. Ikiyoma mengatakan kemitraan tersebut melibatkan perusahaan kecil dan menengah yang telah memasuki pasar ekspor seperti Jepang, Korea, Eropa, dan Amerika Serikat. 

Lies mengatakan, “Selama ini produk UMKM sangat bagus, dengan varian rasa dan kemasan yang bagus. Sehingga bisa memberikan keunikan pada produk yang dijual di perkeretaapian.” 

Lie yakin kemitraan ini dapat meningkatkan pasar bagi para pelaku UMKM. Melalui kemitraan ini, UMKM akan mendapatkan akses terhadap pengguna kereta api. 

Lies mengatakan, “Penumpang kereta api nantinya dapat membeli produk-produk berkualitas ekspor dari UMKM binaan BNI. Hal ini tentunya akan membawa manfaat ekonomi bagi para pelaku UMKM tersebut dan merupakan salah satu cara nyata untuk mendukung produk lokal khususnya UMKM yang lebih baik.”

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *