Indeks Keyakinan Konsumen pada September 2024 Melemah

iaminkuwait.com, JAKARTA – Bank Indonesia melaporkan indeks kepercayaan konsumen (IKK) pada September 2024 berada di angka 123,5. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 124,4.

“Survei konsumen yang dilakukan Bank Indonesia pada September 2024 menunjukkan keyakinan konsumen terhadap kondisi perekonomian tidak berubah, tercermin dari indeks IKK September 2024 yang berada pada level optimis di atas 100,” kata Kepala Komunikasi BI Ramdan Denny. Prakoso dalam keterangan resmi. . , Selasa (10/8/2024).

Denny menjelaskan, berlanjutnya kepercayaan konsumen hingga September 2024 didukung oleh Indeks Kondisi Perekonomian (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) saat ini yang berada pada level optimis. Skor IKE dan IEK masing-masing tercatat sebesar 113,9 dan 133,1.

“IKE masih lemah, sebagian besar disebabkan oleh Indeks Ketersediaan Pekerjaan. Sementara IEK tetap tenang, didorong oleh optimisme seluruh komponennya, ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kepercayaan konsumen tetap bullish di semua kategori pengeluaran pada bulan September 2024. Peningkatan IKK tercatat pada responden dengan pengeluaran antara Rp3,1 juta hingga Rp4 juta. Tergantung pada usia, ICC meningkat pada kelompok usia 31-40 tahun dan di atas 60 tahun. Secara spasial, peningkatan IKK terjadi di beberapa kota yang disurvei, dengan peningkatan tertinggi terjadi di Kota Medan, disusul Denpasar dan Surabaya.

Data yang sama menunjukkan bahwa pada September 2024, rata-rata porsi pendapatan konsumsi yang dibelanjakan untuk konsumsi sedikit meningkat dibandingkan bulan sebelumnya, dari 73,5 persen menjadi 74,1 persen. Sementara itu, rasio pembayaran cicilan atau utang dan rasio pendapatan simpanan konsumen sedikit menurun dibandingkan bulan sebelumnya, yakni masing-masing sebesar 10,6 persen dan 15,3 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *